> >

Yuk Nostalgia dengan Lokomotif Era 50an sampai 90an, KAI: Livery Vintage Ini Dipakai Selama 38 Tahun

Berita daerah | 28 Februari 2021, 14:44 WIB
PT KAI (Persero) mengecet lokomotifnya dengan livery tahun 1953-1991 (Sumber: Humas PT KAI)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Halo pecinta kereta api di Indonesia. Ingin bernostalgia dengan lokomotif era tahun 50 an sampai 90an.

Jangan khawatir karena PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero mewujudkan hal tersebut baru-baru ini.

Ya, pada Minggu (28/2/2021) di Balai Yasa Yogyakarta, PT KAI menghadirkan kembali livery lokomotif tahun 1953 - 1991 pada 1 unit lokomotif CC 201.

Peluncuran lokomotif CC 201 dengan livery vintage ini diresmikan oleh Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo.

Baca Juga: Kereta Api Tujuan Bandung - Jakarta Kembali Beroperasi

“Lokomotif dengan livery vintage ini merupakan bentuk adaptasi dan apresiasi KAI untuk semakin dekat dengan masyarakat sekaligus wujud edukasi kepada masyarakat mengenai perkembangan perkeretaapian di Indonesia,” kata Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo, seperti dalam siaran persnya yang diterima Kompas.tv.

Melalui livery vintage ini, ungkap dia, KAI berharap bahwa masyarakat akan semakin mengenal perjalanan panjang perkeretaapian di indonesia serta menumbuhkan rasa bangga terhadap transportasi andalan masyarakat Indonesia ini.

Sebagaimana diketahui, livery vintage ini dahulu digunakan KAI selama 38 tahun dari 1953 - 1991 dan pertama kali digunakan pada lokomotif diesel pertama di Indonesia yaitu CC 200.

Baca Juga: Dampak Banjir, Perjalanan Kereta Api Dibatalkan

Livery ini digunakan sejak KAI masih bernama Djawatan Kereta Api (DKA), Perusahaan Negara Kereta Api (PNKA) sampai dengan Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA).

Penulis : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU