> >

Ditegur Mendagri, Bacabup Karawang: Kami Tidak Menduga Relawan dan Simpatisan Sampai Membeludak

Politik | 6 September 2020, 04:45 WIB
Bakal Calon Bupati Karawang, Celica Nurachadiana melambaikan tangan kepada relawan dan simpatisan sebelum mendaftar di KPUD Karawang, Jumat (4/9/2020). (Sumber: KompasTV/Adi Wahadi)

KARAWANG, KOMPASTV - Pasangan bakal Calon Bupati Dan Wakil Bupati Karawang, Celica Nurachadiana dan Aef Saepullah mendapatkan teguran tertulis  dari Mentri Dalam Negri (Mendagri) Tito Karnavian.

Hal itu lantaran adanya kerumunan massa saat proses pendaftaran paslon di KPUD Karawang pada Jumat (4/9/2020).

Aef Saepullah mengaku banyaknya simpatisan dan pendukung yang ikut saat pendaftraan ke KPUD di luar dugaan.

Baca Juga: Ditegur Tito Karnavian, Pasangan Bakal Calon Bupati Karawang Minta Maaf

Menurut  Aef saat rapat persiapan pendaftaran ke KPUD hanya 120 orang yang ikut mengantarkan. Namun saat pelaksanaanya ribuan pendukung ikut hadir dan arak arakan mengawal pasangan Celica-Aef ke KPUD Karawang.

Namun Aef meminta maaf dan berjanji tidak akan mengulangi hal serupa meski sedari awal sudah ada kesepakatan dalam proses pendaftaran tidak mengundang kerumunan massa atau acara arak-arakan.

“Kami tidak sampai menduga para relawan simpatisan sampai membeludak seperti itu. Kami mohon maaf pendaftaran kami memobilisasi terhadap masyarakat. Anemo masyaarakan tidak bisa kami bendung sehingga Mereka betul-betul datang dengan antusias, kami mohon maaf,” ujar Aef, Sabtu (5/9/2020).

Sebelumnya Mendagri Tito Karnavian menegur Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana. Teguran dikeluarkan karena menggelar arak-arakan dalam pendaftaran sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati ke KPU Karawang untuk Pilkada 2020.

Baca Juga: Mendagri Tito Akan Sanksi Pejabat Konvoi Pendaftaran Pilkada

Teguran tersebut dikeluarkan oleh Dirjen Otonomi Daerah Akmal Malik, atas nama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan ditandatangani pada Jumat (4/9/2020).

Penulis : Johannes-Mangihot

Sumber : Kompas TV


TERBARU