> >

Kemenag Buka Pendaftaran Beasiswa Kuliah Satu Semester di Luar Negeri, Ini Syaratnya

Beasiswa | 17 Juni 2023, 15:37 WIB
Ilustrasi. Kementerian Agama atau Kemenag membuka pendaftaran beasiswa bagi mahasiswa perguruan tinggi keagamaan (PTK) di Indonesia untuk berkuliah selama satu semester di luar negeri. Berikut syarat pendaftaran dan daftar perguruan tinggi (PT) tujuan. (Sumber: Kompas/Thinkstock)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Agama atau Kemenag membuka pendaftaran beasiswa bagi mahasiswa perguruan tinggi keagamaan (PTK) di Indonesia untuk berkuliah selama satu semester di luar negeri. Berikut syarat pendaftaran beasiswa dan daftar perguruan tinggi (PT) tujuan.

Dirjen Pendidikan Islam Kemenag M. Ali Ramdhani menyebut seleksi beasiswa ini dibuka pada 15 hingga 26 Juni 2023. Program beasiswa Kemenag ini bertajuk MORA Overseas Student Mobility Awards (MOSMA) 2023.

Pria yang akrab disapa Dani itu menyebut program MORA menyediakan kesempatan bagi mahasiswa untuk berkuliah selama maksimal satu semester di kampus luar negeri.

Proses perkuliahan ini nantinya dapat dikonversi ke dalam satuan kredit semester (SKS) di PT asal.

“Pendaftaran seleksi program ini dibuka pada 15 sampai 26 Juni 2023. Peserta yang memenuhi syarat dan berminat bisa mendaftar melalui laman beasiswa.kemenag.go.id,” kata Dani di Jakarta, Selasa (13/6/2023), sebagaimana dikutip dari laman resmi Kemenag.

Baca Juga: Cara Daftar Beasiswa Yayasan Marga Pembangunan Jaya di UGM

Kemenag, kata Dani, merencanakan dua skema penempatan perguruan tinggi.

Pertama, mahasiswa akan memilih perguruan tinggi tujuan sesuai pilihan mereka sendiri.

Kedua, mahasiswa akan difasilitasi penugasannya pada universitas yang ditetapkan oleh Kemenag.

Program beasiswa ini terbuka bagi mahasiswa S1, S2, dan S3.

Syarat Beasiswa Kuliah di Luar Negeri Kemenag

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV


TERBARU