> >

Hamka Hamzah Sebut Liga 2 2022/23 Dihentikan, Mulai Musim Baru dengan Operator Baru

Sepak bola | 4 Maret 2023, 19:57 WIB
Ilustrasi logo PSSI. Eks pesepakbola Timnas Indonesia sekaligus manajer klub Bekasi City FC, Hamka Hamzah menyebut Liga 2 2022/23 akan dihentikan dan diganti dengan kompetisi edisi baru. Hal tersebut diungkapkan Hamka usai mengikuti Sarasehan Sepakbola Nasional di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (4/3/2023). (Sumber: PSSI)

SURABAYA, KOMPAS.TV - Eks pesepak bola Timnas Indonesia sekaligus manajer klub Bekasi City FC, Hamka Hamzah menyebut Liga 2 2022/23 akan dihentikan dan diganti dengan kompetisi edisi baru. Hal tersebut diungkapkan Hamka usai mengikuti Sarasehan Sepak Bola Nasional di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (4/3/2023).

Hamka membocorkan salah satu hasil sarasehan tersebut mengenai Liga 2. Menurutnya, Liga 2 akan dimulai dengan musim baru dan oleh operator liga yang baru.

"Biarlah sejarah mencatat beberapa klub pernah berjuang bersama untuk mencari keadilan (kelanjutan liga 2, 3)," kata Hamka melalui akun Instagram-nya, Sabtu (4/3) sore.

"Waktunya kepengurusan baru menata dengan baik kompetisi kita agar semakin maju dan Timnas berprestasi. Merdeka," lanjutnya.

Baca Juga: Media Vietnam Sebut Shin Tae-yong Segera Dipecat PSSI, Erick Thohir: Indonesia Jangan Terprovokasi

Sebelumnya, penghentian gelaran Liga 2 2022/23 oleh Exco PSSI diprotes berbagai pihak. Penghentian ini pun diwarnai dugaan pemalsuan tanda tangan usai representatif sejumlah klub mengaku tidak pernah setuju Liga 2 dihentikan.

Setelah memilih kepengurusan baru, PSSI menggelar sarasehan yang turut mengundang representatif klub Liga 1 dan Liga 2. Dalam sarasehan ini, diputuskan bahwa Liga 2 berganti operator sehingga harus dimulai dengan musim baru.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha Destria menyampaikan akan ada terobosan baru dalam penyelenggaraan Liga 1 dan Liga 2 musim depan. Ratu Tisha menyebut awal musim Liga 1 dan Liga 2 akan dibuat berbeda untuk meningkatkan nilai komersial masing-masing kompetisi.

"Jadi, dari kami mengusulkan dan hasil dari sarasehan ini menyepakati bahwa Liga 1 dan Liga 2 akan kick-off yang (berbeda). Liga 1 dan Liga 2 akan dibicarakan yang fungsinya agar Liga 2 juga bisa memiliki slot waktunya sendiri setelah tirisan dengan Liga 1," kata Ratu Tisha dikutip Kompas.com.

Liga 1 2023/24 sendiri sedianya akan berlangsung mulai 14 Juli 2023 hingga April 2024. Sedangkan Liga 2 akan dimulai pada November 2023 hingga Juni 2024.

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV/Kompas.com


TERBARU