> >

Klasemen Grup H Piala Dunia 2022: Portugal Teratas, Korsel Singkirkan Uruguay Lewat Agresivitas Gol

Sapa qatar | 3 Desember 2022, 00:59 WIB
Penyerang Korea Selatan Hwang Hee-chan melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke-2 timnya selama pertandingan sepak bola grup H Piala Dunia antara Korea Selatan dan Portugal, di Stadion Education City di Al Rayyan, Qatar, Jumat, 2 Desember 2022. (Sumber: AP Photo/ Hasan Ammar)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Portugal dan Korea Selatan berhasil lolos dari Grup H Piala Dunia 2022 usai menempati dua posisi teratas di klasemen akhir. 

Portugal yang kalah 1-2 dari Korea Selatan dalam pertandingan yang digelar Jumat (2/12/2022), tetap tak tergoyahkan di puncak klasemen dengan poin enam. 

Kemenangan atas Ghana (3-2) dan Uruguay (2-0) membuat Cristiano Ronaldo dkk nyaman ke 16 besar Piala Dunia 2022 sebagai pemuncak grup H. 

Portugal ditemani Korea Selatan yang secara dramatis lolos menyingkirkan Uruguay. 

Kemenangan 2-1 atas Portugal membuat tim racikan Paulo Bento berhak menempati posisi kedua di klasemen Grup H, mengungguli Uruguay yang di laga terakhir menang 2-0 atas Ghana. 

Meski Korsel dan Uruguay sama-sama mengoleksi 4 poin dan punya selisih gol imbang yakni 0, Taeguk Warriors lolos berkat unggul dalam agresivitas gol. 

Korea Selatan sukses mencetak 4 gol dari tiga laga, sementara Uruguay hanya bisa mencetak 2 gol. 

Dengan berhasil melaju ke 16 besar di Piala Dunia 2022, Korea Selatan meraih hasil yang lebih baik dari turnamen empat tahun lalu yang dilangsungkan di Rusia. 

Baca Juga: Hasil Korea Selatan vs Portugal: Taeguk Warriors Lolos Dramatis, Uruguay Tersingkir

Saat itu, Korea Selatan yang dilatih Shin Tae-yong tersingkir di fase grup meski berhasil mengalahkan Jerman di laga terakhir mereka. 

Penulis : Rizky L Pratama Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV


TERBARU