> >

Menpora Sebut Kelanjutan Liga 1 Tergantung Izin dari Polri

Sepak bola | 3 November 2022, 06:10 WIB
Menpora Zainudin Amali mengatakan bahwa izin kelanjutan Liga 1 merupakan wewenang Polri. (Sumber: Antara Photo)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyebut kelanjutan kompetisi sepak bola di Indonesia, baik Liga 1, Liga 2 dan Liga 3, tergantung bagaimana keputusan Polri. 

Menpora mengatakan, pihaknya tidak bisa memberikan izin begitu saja karena wewenang itu merupakan milik kepolisian. 

“Yang memberi kewenangan itu dari pemerintah, tapi itu Polri, bukan Kemenpora. Saya biasanya hanya memimpin rapat koordinasi (rakor). Tanya Polri," kata Menpora Amali dikutip dari Antara, Rabu (2/11/2022).

Menpora sendiri memperkirakan, apabila Polri memberi izin untuk kelanjutan Liga 1, maka kemungkinan besar akan digelar tanpa penonton. 

"Pasti akan ada rakor lagi kalau Polri sudah bilang boleh. Tapi bayangan saya sih, belum ada penonton,” imbuh Zainudin Amali. 

Hingga saat ini, kompetisi sepak bola di Tanah Air dari Liga 1, Liga 2 dan Liga 3 masih dihentikan menyusul terjadinya Tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober lalu. 

Tragedi tersebut mengakibatkan 135 orang meninggal dunia usai menonton laga Arema FC vs Persebaya sehingga membuat pemerintah memutuskan untuk menghentikan liga sampai dilakukannya evaluasi menyeluruh. 

Baca Juga: Demi Piala AFF 2022, Marc Klok Berharap Liga Segera Bergulir

Proses penyelidikan kasus tersebut masih terus berjalan untuk mencari pihak mana saja yang harus bertanggung jawab. 

Akan tetapi Menpora memastikan, penanganan hukum dan kelanjutan kompetisi sepak bola menjadi persoalan terpisah, sehingga izin penyelenggaraan kompetisi tidak perlu menunggu hingga penyelidikan selesai.

Penulis : Rizky L Pratama Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Antara


TERBARU