> >

Penyebab Bagnaia Jatuh di MotoGP Jerman Tak Masuk Akal

Kompas sport | 20 Juni 2022, 10:33 WIB
Francesco Bagnaia gagal menyelesaikan balapan setelah jatuh di Sirkuit Sachsenring dalam ajang MotoGP Jerman 2022, Minggu (19/6/2022). (Sumber: Twitter MotoGP)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Francesco Bagnaia gagal menyelesaikan balapan di Sirkuit Sachsenring dalam MotoGP Jerman 2022. Pembalap Ducati Lenovo itu terjatuh sejak lap awal. Ia menilai penyebab jatuhnya tak masuk akal.

"Mari kita mulai dengan hal mendasar, ketika saya jatuh di atas motor, itu karena saya melakukan kesalahan," terang Bagnaia via Speedweek.

“Tapi prosesnya sangat aneh, jarang saat ini di MotoGP pembalap terjatuh dalam posisi tanpa akselerasi. Saya melakukan sekitar 70 putaran tiap hari akhir minggu dan peristiwa macam itu tak pernah terjadi,” imbuhnya.

Ia merasa aneh karena ketika terjatuh posisi motornya sedang dalam kecepatan rendah. Terlepas dari itu, pembalap asal Italia tersebut sudah jatuh beruntun dalam dua balapan terakhir. Sebelumnya Bagnaia gagal finis di ajang MotoGP Spanyol juga karena jatuh.

Baca Juga: Klasemen MotoGP 2022: Quartararo Kokoh di Posisi Puncak, Espargaro Posisi Kedua

“Saya tidak mengharapkannya sama sekali sehingga saya cukup kesal. Bahkan sekarang saya masih sangat marah, terutama karena tak punya penjelasan atas penyebab jatuhnya,” lanjut Bagnaia.

“Saya melewati banyak pertanyaan di kepala, berulang kali mencari penjelasan. Sayangnya, saya tidak melihat apa pun yang bisa saya katakan, itu saja,” tandasnya.

Dalam balapan yang berlangsung pada Minggu (19/6/2022) malam, Bagnaia mendapatkan start terdepan.

Namun, selepas ia jatuh, Fabio Quartararo yang memulai balapan dari tempat kedua sukses merebut pos terdepan hingga menjadi gelar juara.

Atas hasil itu, Bagnaia kini menempati peringkat 6 di tabel klasemen MotoGP 2022 dengan 81 poin. Adapun pemimpin klasemen masih dipegang Quartararo yang mendulang 172 poin.

Penulis : Rofi Ali Majid Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV/Speedweek


TERBARU