> >

Profil Arsenio Valpoort, Pemain Baru Persebaya yang Pernah Bela SC Heerenven hingga Raksasa Hungaria

Kompas sport | 8 Januari 2022, 10:18 WIB
Arsenio Valpoort saat diumumkan Persebaya Surabaya, Sabtu (8/1/2022). (Sumber: Twitter Persebaya via Kompas.com)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Persebaya Surabaya resmi mengumumkan kedatangan penyerang asal Belanda, Arsenio Valpoort, Sabtu (8/1/2022). Sang pemain akan memperkuat skuad Bajul Ijo dalam putaran kedua Liga 1 Indonesia 2021/22.

Perekrutan Valpoort diumumkan Persebaya melalui media sosial. Pemain berusia 29 tahun ini digadang-gadang menggantikan peran Jose Wilkson yang dipinjamkan ke Persela Lamongan.

Sosok Arsenio Valpoort mungkin masih cukup asing bagi publik sepak bola Indonesia. Ia adalah pemain dengan profil perantau yang sering berganti-ganti klub.

Valpoort mengawali karier senior di klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen. Ia merupakan jebolan tim muda klub asal Frisian ini.

Melansir data Transfermarkt, Valpoort mendapatkan debut senior Heerenveen pada 4 Desember 2012. Waktu itu, ia bermain sembilan menit dalam partai Eredivisie kontra AZ Alkmaar.

Baca Juga: Klasemen BRI Liga 1: Tumbangkan Bali United, Persebaya Surabaya Tempel Ketat Arema dan Persib

Sang penyerang kemudian sulit mendapatkan menit bermain di Heerenveen. Pihak klub pun meminjamkannya ke PEC Zwolle pada Januari 2013.

Sekembalinya ke Frisian, Valpoort dilepas secara gratis kepada raksasa Hungaria, Ferencvaros TC. Klub ini merupakan klub paling dominan di Liga Hungaria dengan torehan 32 gelar per 2021. 

Valpoort hanya bertahan satu musim di Ferencvaros. Ia tampil 11 kali di ajang Liga dan Piala Hungaria 2013/14, mengemas dua gol dan satu asis.

Pada akhir musim, Ferencvaros melepasnya ke klub Belanda, RKC Waalwijk. Setelah tampil reguler selama dua musim di divisi kedua Belanda, Valpoort hijrah ke Israel untuk gabung Beitar Jerusalem.

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV


TERBARU