> >

Real Madrid, Barcelona dan Juventus Kecam UEFA Terkait Proses Hukuman Proyek Super League

Kompas sport | 27 Mei 2021, 02:07 WIB
Logo European Super League (Liga Super Eropa). (Sumber: Twitter @TSLComms)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Real Madrid, Barcelona dan Juventus merilis joint statement yang mengecam dengan keras UEFA terkait proses hukum proyek Super League.

Ketiga tim di atas diketahui belum menyatakan mundur dari proyek Super League yang sebelumnya sempat diikuti oleh 12 tim.

Atas kengeyelan Madrid, Barcelona, dan Juventus, UEFA pun memulai proses hukuman yang membuat ketiga klub tersebut bisa mendapatkan sanksi yang cukup berat.

"Setelah penyelidikan yang dilakukan oleh pemeriksa etika dan disiplin UEFA sehubungan dengan apa yang disebut proyek 'Liga Super', proses disipliner terhadap Real Madrid CF, FC Barcelona dan Juventus FC telah dibuka untuk potensi pelanggaran kerangka hukum UEFA," tulis pernyataan UEFA kemarin.

Beberapa laporan mengklaim bahwa badan sepak bola Eropa menginginkan tiga tim tersebut dilarang tampil di Liga Champions selama dua tahun. 

Baca Juga: Presiden FIFA Diklaim Terlibat Proyek European Super League

Sebelumnya, sembilan klub lain, termasuk enam dari Liga Premier yang sudah mundur dari proyek Super League, berkomitmen untuk mengikuti kompetisi domestik dan internasional yang ada dan dikelola oleh induk sepak bola resmi.

Kesembilan tim itu juga diancam denda berat dan pengusiran jika mereka memperbarui minat dalam proyek lain yang memisahkan diri dari kompetisi resmi.

Real Madrid, Barcelona dan Juventus yang tidak mengikuti jejak mereka, justru malah melawan UEFA dengan mengeluarkan pernyataan bersama tentang perspektif kompetisi dan kedudukan hukumnya.

Mereka kemudian menindaklanjuti dengan pernyataan baru yang diucapkan dengan tegas sebagai tanggapan atas proses hukuman oleh UEFA.

Penulis : Rizky-L-Pratama

Sumber : Kompas TV


TERBARU