> >

Sebut Pemain Indonesia Tak Disiplin, Shin Tae Yong Beri Petuah pada Asnawi Mangkualam

Kompas sport | 12 April 2021, 16:01 WIB
Pelatih Kepala Timnas Indonesia Shin Tae Yong (kanan). (Sumber: PSSI)

ANSAN, KOMPAS.TV - Shin Tae Yong mengeluhkan sikap buruk para pemain sepakbola di Indonesia. Menurutnya, pemain Indonesia terbiasa tak disiplin yang berbeda dari budaya Korea Selatan.

Ia memberi contoh, pemain-pemain Indonesia punya kebiasaan betah lama-lama melakukan persiapan menjelang latihan. Shin Tae Yong mengungkapkan hal itu usai laga Ansan Greeners FC vs Jeonnam Dragons pada Minggu (11/4/2021).

Baca Juga: Menonton Langsung Permainan Asnawi Mangkualam di K-League, Ini Penilaian Shin Tae-Yong

"Kata yang selalu saya ucapkan di Indonesia adalah 'cepat'. Di Korea persiapan latihan membutuhkan waktu tiga menit, sedangkan di Indonesia persiapan latihan membutuhkan waktu 15 menit. Ini sangat lambat, bisa membuat orang jadi gila," kata Shin Tae Yong, dilansir dari siaran kanal YouTube Sports-G.

Ketika itu, Shin Tae Yong sedang bertemu Asnawi Mangkualam yang kini membela klub Ansan Greeners, sebuah klub divisi 2 liga Korea Selatan. Shin Tae Yong pun berharap Asnawi bisa cepat beradaptasi dengan budaya Korea Selatan.

"Jika Anda pergi ke suatu negara, Anda harus mempelajari budaya negara itu dengan cepat dan mempelajari gaya hidup masyarakat. Secara khusus Anda harus membiasakan diri dengan budaya cepat di Korea," ujar Shin Tae Yong.

Meski begitu, Shin Tae Yong memuji Asnawi sebagai pemain bernyali. Sebab itu, ia berani memberi rekomendasi pada Ansan untuk membeli gelandang asal Makassar, Sulawesi Selatan itu.

Baca Juga: Cerita Asnawi Mangkualam Bahar yang Tidak Tahu Mengapa Dirinya jadi Pemain Favorit Shin Tae-yong

Pelatih Kepala Timnas Indonesia itu pun memberi nasihat pada Asnawi untuk meningkatkan penampilannya.

“Kamu harus meningkatkan stamina dengan begitu kamu bisa turun dan membantu pertahanan. Secara fisik memang harus berkembang,” ucap Shin Tae Yong.

Penulis : Ahmad Zuhad Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


TERBARU