> >

305 Anak Jadi Korban Eksploitasi Seksual WNA Prancis, Mensos Juliari: Kami Siap Rehabilitasi

Sosial | 9 Juli 2020, 22:11 WIB
Mensos Juliari P Batubara (Sumber: Sumber humas Ditjen PFM)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Para korban eksploitasi seksual oleh warga negara asing (WNA) asal Prancis dapat menjalani pemulihan di balai milik Kemensos yang berada di kawasan Jakarta Timur. 

Baca Juga: Korban Eksploitasi Seksual WNA Perancis Mayoritas Anak Jalanan

Hal itu diungkapkan dan digarisbawahi Menteri Sosial (Mensos) RI Juliari P Batubara saat menghadiri rilis di Polda Metro Jaya, Kamis (9/7/2020).

"Kami siap untuk menampung korban apabila diperlukan untuk rehabilitasi di beberapa balai yang ada di sekitar kami ada di Jakarta Timur," ujar Mensos Juliari.

Juliari memberikan perhatian kepada 305 anak di bawah umur yang menjadi korban eksploitasi seksual oleh warga negara asing (WNA) asal Prancis, FAC alias Frans (65 tahun). 

Frans diketahui melakukan ekploitasi seksual terhadap 305 korbannya di beberapa hotel kawasan Jakarta. 

Juliari berharap, dengan sumber daya manusia dan fasilitas yang ada di balai tersebut dapat membantu memulihkan psikis korban aksi seksual itu. 

"Tentunya apabila diberikan mandat untuk rehabilitasi (korban), kami siap dengan sumber daya yang kita miliki untuk pemulihan psikologi korban," katanya.

Juliari mengapresiasi Polri yang berhasil mengungkap kasus eksploitasi seksual terhadap anak dibawah umur itu. 

Sebab, lanjut Juliari, belakangan ini kasus seksual yang dialami anak-anak kerap terjadi baik di Jakarta dan sekitarnya. 

Penulis : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU