> >

Khofifah Akui Surabaya, Gersik dan Sidoarjo Belum Aman dari Covid-19

Berita kompas tv | 9 Juni 2020, 06:40 WIB
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (Sumber: KOMPAS.COM/GHINAN SALMAN)

JAKARTA, KOMPASTV - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengakui penyebaran Covid-19 di Surabaya, Gersik dan Sidoarjo masih tinggi.

Hal itu diketahuinya saat tim epidemiologi FKM Unair memaparkan attack rate serta transmission rates Covid-19 di tiga daerah tersebut.

Khofifah menjelaskan, kesimpulan tim epidemiologi FKM Unair menyatakan ketiga daerah itu masih belum aman dari penyebaran Covid-19. Bahkan setelah lebaran, kasus baru Covid-19 di tiga daerah tersebut meningkat. 

Baca Juga: 62 Persen Kasus Corona Jawa Timur Disebut dari Surabaya dan Sidoarjo

Tim epidemiologi FKM Unair, sambung Khofifah, juga meminta agar ketiga daerah tersebut bersabar dan tetap melanjutkan PSBB sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus.

Namun di sisi lain, ketiga daerah tersebut pernah berhasil menekan angka penyebaran Covid-19. Seperti di Surabaya angka resiko dan tingkatpenularan sempat menyentuh 0,1, dan Gersik 0,3.

Pengalaman ini jugalah yang mendorong, ketiga daerah tersebut optimis dapat melakukan penanganan Covid-19 tanpa perlu memperpanjang PSBB se Jatim.

"Tiga daerah ini ingin melanjutkan dengan berbagai karifan lokal yang dimiliki, energi, kekuatan yang dimiliki. Maka kita juga diharapkan ikut bahu membahu," ujar Khofifah saat telewicara di program Kompas Malam, Senin (8/6/2020).

Baca Juga: [FULL] Keputusan Khofifah Akhiri PSBB Surabaya

Khofifah menambahkan Keputusan tidak memperpanjang PSBB juga menghormati upaya mandiri ketiga daerah tersebut dalam penanganan Covid-19.

Penulis : Johannes-Mangihot

Sumber : Kompas TV


TERBARU