> >

Pemerintah Buat Empat Warna untuk Kategori Zona Penyebaran Covid-19 di Indonesia

Berita kompas tv | 30 Mei 2020, 19:57 WIB
Kategori warna zona penyebaran wabah virus corona pada setiap Provinsi di Indonesia (Sumber: Dok. Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19)

JAKARTA,KOMPASTV – Pemerintah melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 telah memetakan penyebaran virus corona pada setiap kabupaten di Indonesia.

Ada empat kategori wilayah terkait penyearan Covid-19 mulai resiko tinggi yang ditandai dengan zona merah, resiko sedang ditandai dengan zona oranye, resiko rendah dengan zona berwarna kuning dan zona hijau yang menjelaskan kabupaten/kota tidak atau belum terdampak.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo menjelaskan Gugus Tugas telah membuat strategi bagi setiap kategori zona penyebaran Covid-19 pada kabupaten/kota di Indonesia.

Baca Juga: Update Corona 30 Mei 2020: 25.773 Positif, 7.015 Sembuh, 1.573 Meninggal

Seperti memprioritaskan zona merah menjadi oranye, kemudian zona oranye dikontrol sehingga menjadi kuning, dan zona hijau dipertahankan agar tidak menjadi kuning atau oranye. 

“Arahan presiden pengendalian covid-19 harus berbasis data dan data di lapangan, gugus tugas dalam mengambil segala keputusan selalu melibatkan para pakar saintis dan berpedoman pada standar internasional,” ujar Doni saat jumpa pers di gedung BNPB, Sabtu (30/5/2020).

Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, ada 102 kabupaten/kota yang masuk dalam zona hijau.

Kemudian. 139 kabupaten/kota masuk zona kuning atau risiko sedang, 180 kabupaten/kota masuk zona oranye atau risiko sedang, dan 85 kabupaten/kota masuk zona merah atau risiko tinggi.

Baca Juga: Masih Zona Kuning, Bandung Terapkan PSBB Secara Proporsional

Adapun indikator yang digunakan untuk menentukan pemetaan tersebut seperti penurunan jumlah kasus positif dan jumlah kasus probable (ODP dan PDP), penurunan jumlah kasus positif dan probable yang meninggal dunia dan dirawat di rumah sakit.

Penulis : Johannes-Mangihot

Sumber : Kompas TV


TERBARU