> >

Wabah Corona Kian Meluas, Hampir Seluruh Fraksi di DPR Setuju Pilkada 2020 Ditunda

Berita kompas tv | 27 Maret 2020, 18:07 WIB
Sekretaris Fraksi Partai Gerindra Desmond J. Mahesa di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (25/10/2019). (Sumber: (KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTO))

JAKARTA, KOMPAS TV - Mayoritas fraksi di DPR menyetujui Pilkada 2020 ditunda lantaran wabah virus corona atau Covid-19 yang kian meluas. 

Namun, penundaan pilkada belum diputuskan secara resmi karena KPU sebagai pihak penyelenggara perlu menyampaikan rekomendasi dan hasil kajiannya kepada Komisi II DPR.

Seperti diketahui, dari 9 fraksi di DPR, 6 di antaranya mendukung penundaan Pilkada 2020. Enam fraksi yang setuju adalah Golkar, Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Nasdem, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Sekretaris Fraksi Partai Gerindra, Desmond Junaidi Mahesa, mengatakan pilkada harus ditunda karena kondisi ketidakpastian penanganan penyakit Covid-19. 

Baca Juga: Pemerintah Pertimbangkan Penundaan Pilkada Serentak 2020

Meski begitu, kata dia, untuk memutuskan penundaan terlebih dahulu harus digelar pertemuan antara KPU dan pemerintah bersama Komisi II DPR. 

“Pertanyaannya, dalam waktu 3 atau 6 bulan ke depan penyebaran virus ini apakah bisa ditangani, bahkan sampai akhir tahun 2021. Menurut saya pilkada harus ditunda daripada tidak jelas tahapannya karena menunggu penanganan Covid-19,” katanya seperti dikutip Kompas di Jakarta, Jumat (27/3/2020).

Menurut Desmond, yang harus dipikirkan saat ini adalah bagaimana cara menunda pilkada, apakah melalui penerbitan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu) melakukan revisi terbatas. 

“Dua jalan itu sama-sama memerlukan persetujuan DPR. Namun, Gerindra lebih cenderung untuk mendorong revisi terbatas, karena akan melibatkan pemerintah dan DPR dalam satu pembahasan,” ujarnya.

Sedangkan kalau dikeluarkan perppu, Desmond menambahkan, Gerindra khawatir isi perppu hanya akan mengikuti logika versi pemerintah. 

Penulis : Tito-Dirhantoro

Sumber : Kompas TV


TERBARU