> >

Ada Orang Terinfeksi Virus Corona tapi Tak Terlihat Sakit, Ini yang Bahaya!

Berita kompas tv | 22 Maret 2020, 23:31 WIB
Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes yang juga juru bicara pemerintah dalam penanganan virus Corona (Covid-19), Achmad Yurianto, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (6/3/2020). (Sumber: Kompas TV/Imron-Chandra)

KOMPAS.TV - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengimbau agar masyarakat waspada terhadap kasus penyebaran virus corona (covid-19) dari orang yang telah terinfeksi namun tidak menunjukkan gejala sakit.

Dia mengakui bahwa ada orang-orang yang terinfeksi virus corona, namun tidak memperlihatkan kondisi sakit secara kasat mata.

Baca Juga: Cerdas Berbelanja di Tengah Corona, Simak Tipsnya dari Ahli Kebencanaan

"Karena kita sadari bahwa tidak seluruh orang yang di dalam tubuhnya ada virus Covid-19 memberikan gambaran sakit," kata Yurianto saat jumpa pers yang diadakan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kantor Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Minggu (22/3).

Yurianto menuturkan, dari kasus positif virus corona yang ditemukan di Indonesia saat ini, sering didapati pasien dengan keadaan sakit ringan. Mereka justru merasa tidak sakit atau bahkan tanpa gejala sama sekali.

Dengan tidak menunjukkan gejala sakit, seseorang bisa berpikir kalau dia tidak terinfeksi virus Covid-19. "Alhasil ia akan menularkan kepada orang lain jika tidak menjaga jarak aman," tutur Yurianto.

Untuk itu, harus dilakukan upaya antisipasi bersama dengan mengikuti upaya mengendalikan penularan Covid-19 melalui cara menjaga jarak aman antarorang.

Baca Juga: Jokowi Soal Obat Corona: 2 Juta Avigan dan 3 Juta Klorokuin Dipesan

Yurianto pun mengajak seluruh masyarakat untuk menyadari bagaimana seharusnya bersikap di dalam menghadapi pandemi global Covid-19.

Termasuk di antaranya menjaga jarak antarorang, menjaga kesehatan dan kebersihan, mengisolasi diri jika merasa sakit dan segera memeriksakan diri ke dokter.

Penulis : fadhilah

Sumber : Kompas TV


TERBARU