> >

Dukcapil DKI Imbau Warga Pendatang saat Arus Balik Jangan sekadar Ganti KTP Jakarta

Humaniora | 14 April 2024, 06:17 WIB
Ilustrasi. Deretan armada bus angkutan lebaran di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Kamis (20/4/2023). (Sumber: ANTARA/ Anita Permata Dewi)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta mengimbau warga yang datang ke Jakarta usai Lebaran 2024 jangan sekedar mengubah KTP lalu kembali lagi ke kampung halamannya.

Kepala Disdukcapil DKI Jakarta Budi Awaludin mengatakan, Jakarta sudah mempunyai program penataan dokumen sesuai dengan domisili yang akan dilakukan secara rutin.

"Demi mempersiapkan Jakarta menjadi kota global yang menjadi pusat perekonomian dan jasa keuangan internasional," kata Budi seperti dikutip dari Antara, Sabtu (13/4/2024). 

Budi mengimbau kepada warga yang ingin mencoba datang ke Jakarta dengan beberapa alasan lainnya agar secara sadar untuk dapat mempersiapkan diri. 

Baca Juga: Solusi Gagal Verifikasi e-KTP Aplikasi Digital Korlantas Polri

Yaitu dengan memiliki keahlian atau kemampuan (skill), jaminan kerja dari pemberi kerja serta tempat tinggalnya jika menetap di Jakarta.

Ia memperkirakan, jumlah pendatang baru mengalami penurunan usai Lebaran 2024.

"Pendatang baru pada tahun ini Insyaallah akan menurun, jumlahnya diprediksi turun menjadi 10.000 sampai 15.000 orang," ujarnya. 

Salah satu penyebab pendatang baru ke DKI Jakarta turun karena secara umum pembangunan nasional saat ini sudah merata di beberapa daerah, termasuk infrastrukturnya. 

Selain itu, perekonomian nasional juga sudah membaik. Begitu juga dengan pemerataan lapangan kerja yang saat ini sudah banyak pilihan di seluruh Indonesia.

Penulis : Dina Karina Editor : Deni-Muliya

Sumber : Antara


TERBARU