> >

KPU Papua Pegunungan dan Papua Sewa Pesawat untuk Rekapitulasi Nasional di Jakarta

Rumah pemilu | 20 Maret 2024, 08:05 WIB
Komisioner KPU Papua Pegunungan Theodorus Kossay. (Sumber: KOMPAS.COM/Dhias Suwandi)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan rekapitulasi nasional untuk Provinsi Papua dan Papuan Pegunungan digelar hari ini, Rabu (20/3/2024). 

Sebelumnya KPU RI menargetkan empat provinsi mengikuti rekapitulasi nasional pada Selasa (19/3) kemarin.

Namun hanya dua provinsi yang mengikuti rekapitulasi nasional di KPU pusat yakni Provinsi Jawa Barat dan Maluku. 

Komisioner KPU Provinsi Papua Pegunungan Theodorus Kossay menjelaskan ada sejumlah kendala yang membuat rekapitulasi di tingkat provinsi menjadi terhambat. 

Semisal berlarutnya rapat pleno tingkat kabupaten dikarenakan adanya aksi protes terhadap Panitia Pemilihan Distrik (PPD). 

Baca Juga: KPU RI Batal Laksanakan Rekapitulasi Suara Pemilu Provinsi Papua dan Papua Pegunungan Hari Ini

KPU Papua Pegunungan terpaksa menggelar rapat pleno di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua karena KPU Tolikara, kabupaten yang berada di Provinsi Papua Pegunungan melaksanakan pleno di salah satu hotel yang ada di Kabupaten Jayapura.

Menurut Theodorus di tengah kendala yang terjadi rapat pleno KPU Papua Pegunungan selesai dilaksanakan walaupun banyak yang mengajukan keberatan pada Selasa (19/3). 

Meski rekapitulasi tingkat provinsi sudah selesai, Theodorus menhadapi kendala lain yakni tidak adanya jadwal penerbangan Jayapura-Jakarta pada Selasa (19/3) malam. 

"Kami terpaksa menyewa pesawat karena tidak ada penerbangan terjadwal yang melayani Jayapura-Jakarta di malam hari. Saat ini kami sedang bersiap-siap menuju Jakarta menggunakan pesawat milik Trigana yang akan transit di Makassar untuk mengisi bahan bakar," ujar Theodorus, Selasa malam. Dikutip dari Antara

Penulis : Johannes Mangihot Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU