> >

Kabar Duka, Sastrawan dan Sosiolog Ignas Kleden Meninggal Dunia di Usia 75 Tahun

Humaniora | 22 Januari 2024, 08:44 WIB
Sastrawan dan cendekiawan Ignas Kleden meninggal dunia hari ini, Senin (22/1/2024). (Sumber: Kompas.id)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sastrawan sekaligus sosiolog Ignas Kleden meninggal dunia di usia 75 tahun.

Kabar duka tersebut disampaikan oleh penulis dan wartawan senior Harian Kompas Budiman Tanuredjo melalui akun Facebook miliknya.

Budiman mengatakan Ignas Kleden mengembuskan napas terakhirnya hari ini, Senin (22/1/2024) pukul 03.46 WIB di Rumah Sakit Suyoto, Jakarta Selatan.

"Telah berpulang dalam damai, Bapak Ignas Kleden pada Senin, 22 Januari pukul 03.46 WIB di RS Suyoto, Jakarta Selatan. Rumah Duka untuk pesemayaman jenazah serta berita pemakaman akan menyusul. Mohon doa bagi perjalanan akhir beliau," tulis Budiman Tanuredjo.

"Dukacita mendalam dan doa kami. Semoga Almarhum mendapatkan kedamaian sejati di haribaan Allah Maha Kasih. Dan semoga keluarga tercinta yang ditinggalkan, dan mbak Hermien Y. Kleden, mendapatkan penghiburan dari Allah sendiri," ujarnya.

Baca Juga: Kabar Duka, Sastrawan Abdul Hadi WM Meninggal Dunia di Usia 77 Tahun

Profil Ignas Kleden

Dr. Ignas Kleden, M.A. dikenal sebagai sosok sastrawan, sosiolog, cendekiawan, dan kritikus sastra. Ia lahir pada 19 Mei 1948 di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur.

Ignas menempuh pendidikan di Sekolah Tinggi Filsafat Teologi/STFT Ledalero, Maumere, Flores (1972), meraih gelar Master of Art bidang filsafat dari Hochschule fuer Philosophie, Muenchen, Jerman (1982), dan meraih gelar Doktor bidang Sosiologi dari Universitas Bielefeld, Jerman (1995).

Ignas juga pernah bekerja sebagai penerjemah buku-buku teologi di Penerbit Nusa Indah, Ende, Flores.

Ia sempat pula bekerja sebagai editor pada yayasan Obor Jakarta (1976-1977), Yayasan Ilmu-Ilmu Sosial, Jakarta (1977-1978), dan Society For Political and Economic Studies, Jakarta. Tahun 2000 ia turut mendirikan Go East yang kini menjadi Pusat Pengkajian Indonesia Timur.

Penulis : Dian Nita Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU