> >

Bawakan Sambutan di HUT ke-59 Golkar, Jokowi: Mestinya Pertarungan Gagasan, Bukan Perasaan

Rumah pemilu | 6 November 2023, 22:06 WIB
Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi saat membawakan sambutan di acara peringatan HUT ke-59 Partai Golkar di Jakarta, Senin (6/11/2023) malam. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV –  Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyebut saat ini Indonesia membutuhkan adanya pertarungan ide dan gagasan, bukan pertarungan perasaan.

Hal itu disampaikan Jokowi saat membawakan sambutan di peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-59 Partai Golongan Karya (Golkar) di Jakarta, Senin (6/11/2023) malam.

Menurutnya, saat ini Indonesia sudah memasuki tahun politik dan tahun pemilu, ia berharap semua pihak memiliki  pandangan yang sama.

“Saya ingin kita semuanya memiliki pandangan yang sama, bahwa dalam demokrasi yang namanya kompetisi politik itu biasa, itu wajar,” ucapnya.

Baca Juga: Beri Sambutan di HUT Golkar, Prabowo Berterima Kasih pada Jokowi yang Mengalahkannya di Dua Pilpres

“Keinginan untuk menang itu juga boleh-boleh saja, itu juga wajar. Bertanding untuk menang itu juga hal yang sangat wajar.”

Tetapi, lanjut Jokowi, yang harus tetap kita tunjukkan adalah demokrasi yang  berkualitas, yang tidak memecah belah, tidak saling menjelekkan dan saling menfitnah.

“Demokrasi yang ingin kita bangun adalah demokrasi yang membangaun yang menghadirkan solusi untuk masalah-masalah bangsa.”

“Yang menghasilkan strategi-strategi untuk kemajuan bangsa, karena saya melihat akhir-akhir ini yang kita lihat adaah terlalu banyak dramanya, terlelu banyak drakornya, terlalu banyak sinetronnya. Sinetron yang kita lihat,” bebernya.

Seharusnya, kata dia, yang dihadirkan adalah pertarungan ide dan gagasan, bukannya pertarungan perasaan karena akan merepotkan.

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU