> >

Lucky Hakim Bingung Panji Gumilang Ucapkan Salam Yahudi, Mengaku Baru Pertama Kali Dengar

Hukum | 14 Juli 2023, 14:21 WIB
Lucky Hakim Tinggalkan Dunia Hiburan untuk Jadi Wakil Bupati Indramayu (Sumber: KOMPAS.com/VINCENTIUS MARIO)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mantan Bupati Indramayu Lucky Hakim, memenuhi panggilan penyidik Bareskrim Polri untuk diperiksa sebagai saksi terkait kasus penistaan agama yang menjerat pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun, Panji Gumilang.

Sebelum diperiksa penyidik, Lucky sempat menyampaikan beberapa patah kata kepada wartawan. Ia menceritakan ketika dirinya mengunjungi Pondok Pesantren Al Zaytun pada 29 Juli 2022.

Saat itu, Lucky Hakim mengaku sempat terkagum-kagum dengan Pesantren Al Zaytun karena kemegahannya. 

Baca Juga: Kasus Panji Gumilang, Bareskrim Periksa Mantan Wabup Indramayu Lucky Hakim Hari Ini

Terlebih, kata dia, pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan dan pembaaran listrik Pondok Pesantren Al Zaytun tergolong cukup besar.

Selain itu, Lucky mengatakan turut menghadiri perayaan di Pondok Pesantren Al Zaytun ketika Panji Gumilang berulang tahun. 

Saat itu, menurut, Lucky, ada keanehan ketika Panji Gumilang memberikan sambutan. Sebab, pada saat menyampaikan salam, Panji Gumilang tidak hanya mengucapkan “Assalamualaikum”. 

Melainkan, ada pernyataan salam yang menggunakan bahasa Ibrani yang digunakan oleh orang Yahudi. Selain itu, penyampaian salam tersebut diucapkan dengan cara bernyanyi.

“Pas Panji Gumilang memberikan sambutan terakhir, di sini saya mulai merasa ada hal yang berbeda, Assalamualaikum Pak Panji akan mengajarkan salam yang bukan hanya Assalamualaikum saja, tapi juga dalam bentuk bernyanyi,” ujarnya di kantor Bareskrim Polri, Jakarta pada Jumat (14/7/2023).

Baca Juga: Kejagung Terima SPDP Kasus Penistaan Agama Pimpinan Al Zaytun Panji Gumilang

Penulis : Tito Dirhantoro Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU