> >

Maju Mundur Umumkan Cawapres dan Tak Adanya Capres Paling Dominan

Rumah pemilu | 10 Juli 2023, 10:42 WIB
Tiga nama kandidat capres yang mendapat keterpilihan tinggi dari survei Indikator Politik Indonesia, Rabu (19/4/2023). (Sumber: Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Meski tiga nama bakal calon presiden sudah cukup lama bertengger jadi pembicaraan dan lembaga survei, yaitu Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan, namun hingga saat ini belum ada satu pun yang mengumumkan sosok pendampingnya untuk Pilpres 2024 mendatang. Bahkan ketiga kandidat seolah masih maju mundur untuk membuat deklarasi.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) misalnya, disebut-sebut akan mengumumkan pada saat Bulan Bung Karno Juni lalu, di Gelora Bung Karno (GBK) yang dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Namun hingga acara selesai dan Juni berlalu, belum ada satu pun nama yang disebutkan. Terbaru, PDIP mengaku akan mengumumkna pada September mendatang. 

Baca Juga: Dewan Pakar Minta Keputusan Munas Golkar agar Airlangga Diusung Jadi Bakal Capres Dievaluasi

"Juli, Agustus bulan penggodokan, pematangan. Kemudian September, tentu saja ini kewenangan ibu ketua umum untuk mengumumkan calon wakil presiden," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyantom Selasa 4 Juli 2023.

Hasto berpendapat, sosok yang akan mendampingi Ganjar nanti harus memenuhi kriteria yang ditentukan. "Sosok wakil yang punya kemampuan profesional, kemampuan teknik, taktik dan mampu menyebarkan apa yang menjadi tema Rakernas PDI-P yaitu fakir miskin dipelihara negara," kata Hasto 
  
Prabowo Subianto sama juga. Belum berani segera mengumumkan sosok pendampingnya. Prabowo mengatakan pihaknya sudah mengantongi beberapa nama bakal cawapres.

“Nanti pada saatnya, kita ada beberapa (nama),” kata Prabowo usai menghadiri acara konsolidasi akbar Partai Gerindra di Tangerang, Banten, Minggu (9/7/2023).

Senada, Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan nama bakal cawapres Prabowo akan diumumkan pada saat yang tepat. “Cawapres itu ada di tangan Pak Prabowo dan Pak Muhaimin. Nanti tunggu aja di saat yang tepat nanti pasti diumumkan,” katanya.

Sementara Anies Baswedan berjanji akan mengumumkan usai melaksanakan ibadah haji. Namun tanda-tanda ke arah sana belum juga terlihat meski ibadah haji sudah berlalu.

Sekjen Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Habib Aboe Bakar Al Habsyi mengatakan, pendamping Anies akan diumumkan pada waktunya." Sangat mungkin 16 (Juli), mungkin 18, mungkin 20, mungkin 22. Pokoknya cepet-cepetan aja deh. Moga-moga keuber oleh si Ganjar, cakep, biar aja duluan," katanya di Kompleks Parlemen, Rabu (5/7/2023).

Tanggal 16 Juli adalah acara apel siaga Partai Nasdem di GBK, yang disebut-sebut bakal diumumkannya pendamping Anies. Tapi ini pun dibantah oleh elite Nasdem. Ketua DPP Partai Nasdem Sugeng Suparwoto mengatakan, pihaknya masih mencari hari yang cocok untuk mengumumkan sosok bakal cawapres dari Anies Baswedan di Pilpres 2024. 

Penulis : Iman Firdaus Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU