> >

Lawan Parpol Besar, Partai Buruh Wacanakan Bentuk Koalisi Orang Kecil

Politik | 9 April 2023, 11:00 WIB
Presiden Partai Buruh Said Iqbal saat memberikan keterangan di depan Gedung DPR/MPR, Jakarta, Rabu (15/6/2022). (Sumber: KOMPAS.com/MUHAMMAD NAUFAL)

JAKARTA, KOMPAS.TV  - Partai Buruh berencana mengajak partai politik (parpol) nonparlemen dan parpol baru untuk membentuk koalisi orang kecil, yang bertujuan mengadang sistem demokrasi terpimpin.

Penjelasan itu disampaikan oleh Presiden Partai Buruh Said Iqbal, Minggu (9/4/2023), menanggapi wacana pembentukan koalisi besar.

Ia berpendapat, wacana pembentukan koalisi besar partai-partai politik yang ada di Senayan menuju ke arah sistem demokrasi terpimpin, dan pembentukan koalisi besar parpol mencederai demokrasi di Indonesia.

“Untuk melawan koalisi besar parpol, Partai Buruh akan mengajak partai politik nonparlemen dan partai politik baru untuk menggagas koalisi orang kecil demi menghadang sistem demokrasi terpimpin,” kata Said Iqbal, dikutip tribunnews.com.

Baca Juga: Gerindra di Tengah Wacana Koalisi Besar: Prabowo Jalan Tengah Berbagai Kepentingan

Menurutnya, sistem demokrasi terpimpin pada masa lalu sudah terbukti menghancurkan sistem politik, sistem ekonomi, sosial budaya, hukum, dan demokrasi di Indonesia.

Sebab, lanjut dia, kekuasaan menjadi terpusat pada sekelompok elit yang seolah-olah bisa mengatur semua kemauan rakyat.

“Partai Buruh melihat arah politik yang dijalankan oleh koalisi besar parpol membahayakan demokrasi karena semakin membatasi jumlah Capres-Cawapres yang sudah terbatas akibat presidential threshold,” ujarnya.

Said Iqbal juga menilai, Indonesia tidak boleh hanya ditentukan oleh sekelompok partai politik yang hanya mengejar kekuasaan semata, tanpa mempunyai gagasan besar untuk membangun Indonesia menuju negara sejahtera (welfare state).

 

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Gading-Persada

Sumber : tribunnews.com


TERBARU