> >

Indonesia Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20, AHY: Kini Kita Malu di Dunia Internasional

Politik | 31 Maret 2023, 16:12 WIB
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY saat menghadiri safari Ramadan 1444 Hijriah di Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Senin (27/3/2023). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY amat menyesalkan gagalnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20. Bahkan, situasi ini membuat nama Indonesia tercoreng di mata dunia internasional.

"Harusnya tidak seperti ini. Saat ini kita malu di dunia internasional. Kita patut bertanya kepada pemerintah sekarang, kenapa ini bisa terjadi," kata AHY dalam keterangan tertulis, Jumat (31/3/2023).

Baca Juga: Erick Thohir Ungkap Alasan Utama FIFA Copot Indonesai sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U20

"Padahal ada ruang untuk berdiplomasi, mengantisipasi dan mengkomunikasikannya. Nama baik dan reputasi kita di dunia internasional dipertaruhkan,” sambungnya. 

AHY menyebut, keributan dari sejumlah tokoh politik jelang berlangsung perhelatan itu harus menjadi pelajaran penting untuk seluruh pihak.

“Kemana saja selama ini? Padahal ada ruang untuk berdiplomasi. Lagi-lagi, di ujung-ujung jelang perhelatan tiba-tiba masing-masing punya suaranya, tidak bisa didisiplinkan. Ini berdampak pada nama baik negara,” ujarnya.

 

Menurut dia, setidaknya ada empat kerugian dari batalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U20. Pertama adalah rusaknya reputasi Indonesia. 

“Buruknya nama Indonesia di dunia internasional, karena dianggap tidak punya komitmen,” katanya. 

Kedua, mubazirnya persiapan-persiapan yang telah dilakukan, juga kekecewaan para atlet terbaik Indonesia, para suporter, dan pecinta sepak bola Indonesia. 

Penulis : Fadel Prayoga Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU