> >

123,8 Juta Orang Diprediksi Mudik Lebaran 2023, Ini Lima Daerah Tujuan Pemudik

Peristiwa | 7 Maret 2023, 17:42 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan keterangan pers usai rapat koordinasi di kantor Jasa Marga, Cikampek Utama, Jumat (23/12/2022). Diprediksi sebanyak 123,8 juta orang akan melakukan mudik Lebaran 2023 atau Hari Rata Idul Fitri 1444 H.   (Sumber: Kemenhub via ANTARA)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi sebanyak 123,8 juta orang akan melakukan mudik Lebaran 2023 atau Hari Rata Idul Fitri 1444 H. 

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut angka tersebut berdasarkan hasil survei potensi pergerakan masyarakat selama masa Lebaran 2023 (Idul Fitri 1444 H) yang dilakukan Kementerian Perhubungan melalui Badan Kebijakan Transportasi (BKT). 

Jumlah ini diklaim meningkat 14,2 % jika dibandingkan dengan prediksi pergerakan masyarakat di masa Lebaran tahun 2022 lalu yang mencapai 85,5 juta orang.

"Melihat potensi pergerakan masyarakat yang begitu tinggi pada masa mudik tahun ini, kami bersama pemangku kepentingan terkait akan menyiapkan langkah-langkah antisipasi," kata Budi dalam keterangan tertulis, Selasa (7/3/2023).

Antisipasi yang dimaksud diantaranya, penyiapan sarana prasarana transportasi, aspek keselamatan, manajemen rekayasa lalu lintas, dan kebijakan lainnya agar penyelenggaraan mudik tahun ini dapat berjalan dengan selamat, aman, dan terkendali.

Selain antisipasi, Budi menyebut, evaluasi dari penyelenggaraan mudik serta Natal dan tahun baru sebelumnya menjadi bekal penting sebagai pelajaran agar mudik tahun ini bisa lebih baik lagi.

Lebih lanjut, Menhub mengungkapkan beberapa faktor yang menyebabkan tingginya potensi pergerakan masyarakat di masa mudik tahun ini.

Diantaranya yaitu, tidak adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Indonesia yang memasuki masa pra endemi atau mendekati normal pasca pandemi Covid-19.

Perekonomian yang semakin membaik, tidak ada pembatasan atau larangan perjalanan, dan persepsi positif dari masyarakat pada penyelenggaraan Angkutan Lebaran tahun 2022 lalu juga menjadi faktor tingginya masyarakat yang akan mudik tahun ini.

Baca Juga: Baru Terjual 175.000, Masih Ada 3,3 Juta Tiket Kereta Mudik

Berdasarkan hasil survei, asal pergerakan masyarakat diprediksi didominasi dari Pulau Jawa, yaitu sebesar 62,5% atau 77,3 juta orang.

Penulis : Isnaya Helmi Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


TERBARU