> >

Permukiman di Sekitar Depo Pertamina Plumpang akan Direlokasi, Warga: Deponya Saja

Peristiwa | 6 Maret 2023, 06:50 WIB
Warsinah (kiri) dan Rohani saat ditemui Kompas.com di tenda pengungsian milik BPBD DKI Jakarta di RPTRA Rasela, Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara, Minggu (5/3/2023). (Sumber: KOMPAS.com/JOY ANDRE T)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Warga yang menjadi korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara, Warsinah (48  tahun) warga RT 05 RW 09, Rawa Badak Selatan Koja, berharap pemerintah Indonesia mau mengalah untuk memindahkan Depo Pertamina, dibandingkan merelokasi penduduk. 

"Kalau bisa pilih, dijauhin saja (Depo Pertaminanya) dari permukimannya," ujar Warsinah dikutip dari Kompas.com, Minggu (5/3/2023).

Dirinya mengatakan trauma karena sudah tiga kali ia mengungsi akibat kebakaran di depo tersebut. 

"Saya pilih Depo Pertaminanya, kalau permukimannya kan sudah padat penduduk. Saya sudah tiga kali, pertama mengungsi ke Bendungan Melayu, kedua mengungsi ke rumah saudara, nah ini sudah tiga kali," ujar Warsinah. 

Pendapat serupa juga diinginkan oleh Rohani (49 tahun), namun jika pada akhirnya penduduk yang direlokasi, maka ia berharap pemerintah tidak memindahkan ke bangunan rumah susun. 

Baca Juga: PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono akan Melakukan Evaluasi Depo Pertamina Plumpang

"Ya di mana saja (relokasinya), asal jangan di rusun. Kalau rusun, kesannya tertutup, enggak suka, enggak lihat matahari. Kalau saya mah sukanya lingkungan, biar pun kecil tapi lingkungan (permukiman) gitu," harap Rohani.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo sebelumnya mengunjungi RPTRA Rasela, Rawa Badak, Koja, Jakarta Utara, Minggu (5/3/2023). Dalam kunjungannya Jokowi, menyatakan kawasan Plumpang, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara, terutama yang berada dekat dengan Depo Pertamina, merupakan zona berbahaya. 

"Ini zona yang bahaya. Tidak bisa lagi ditinggali," kata Jokowi setelah memeriksa kondisi pengungsi di RPTRA Rasela, Rawa Badak, Koja, Jakarta Utara, Minggu pagi.  

Jokowi menyatakan telah memerintahkan Menteri BUMN Erick Thohir dan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono segera mencari solusi atas masalah persoalan di Plumpang.

Penulis : Kiki Luqman Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas.com


TERBARU