Kompas TV nasional peristiwa

PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono akan Melakukan Evaluasi Depo Pertamina Plumpang

Kompas.tv - 6 Maret 2023, 00:05 WIB
pj-gubernur-dki-jakarta-heru-budi-hartono-akan-melakukan-evaluasi-depo-pertamina-plumpang
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono memantau langsung penanganan warga yang menjadi korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara di RSUD Koja, Jumat (3/3/2023). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menanggapi arahan Presiden Jokowi, PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono berjanji akan melakukan evaluasi terhadap Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara.

"Presiden berpesan agar keamanan dan keselamatan masyarakat menjadi prioritas utama. Oleh karena itu, evaluasi akan dilakukan untuk meninjau kembali zonasi serta langkah ke depan," kata Heru di Jakarta, Minggu (5/3/2023) dikutip dari Antara.

Heru juga menjelaskan, pihaknya akan mendampingi para penyintas di pengungsian dalam berbagai aspek, mulai dari kesehatan fisik hingga kesehatan mental agar proses pemulihan korban berjalan lancar.

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan akan mengkaji sistem pengamanan Depo Bahan Bakar Minyak (BBM), karena merupakan bagian dari objek vital negara.

“Sesuai arahan Presiden kami akan kaji kembali aspek keamanan semua instalasi Depo BBM agar insiden seperti di Plumpang tidak terjadi lagi,” ujar Erick saat mengunjungi lokasi kebarakan bersama Jokowi, Minggu (5/3).

Baca Juga: Depo Pertamina Plumpang Jadi Terminal Terpenting Hingga Penuhi Kebutuhan BBM Harian Indonesia

Dalam kesempatan itu, Jokowi bersama jajarannya meninjau lokasi pengungsian warga terdampak kebakaran Depo Pertamina Plumpang  di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Rasela, Jakarta Utara.

Dalam tinjauan tersebut, Presiden Jokowi meminta Heru dan Erick Thohir untuk segera mencari solusi jangka panjang agar kejadian serupa tidak terulang pada masa mendatang.

Sedangkan BPBD DKI melaporkan, hingga Minggu (5/3) Pukul 12.00 WIB mencatat jumlah pengungsi sebanyak 421 jiwa dengan rincian 121 jiwa di Kantor PMI Jakarta Utara dan 300 jiwa di RPTRA Rasella.

Sedangkan, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta hingga pukul 12.00 WIB mendata korban meninggal berjumlah 17 jiwa. Sedangkan 37 jiwa sedang dalam penanganan tim medis di rumah sakit.

Pemprov DKI Jakarta terus bersinergi dengan berbagai pihak dalam penanganan kebakaran ini untuk melindungi dan memastikan keselamatan warga sebagai prioritas utama.

Baca Juga: Sempat Masuk ICU, 1 Korban Kebakaran Pertamina Plumpang Meninggal


 



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.