> >

Kepolisian Masih Mencari Penyebab Kebakaran di Depo Pertamina Plumpang

Peristiwa | 4 Maret 2023, 23:00 WIB
Pemadam kebakaran tampak sedang memadamkan api di Kebakaran Depo Pertamina Plumpang (Sumber: ANTARA/M Risyal Hidayat via Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan penyebab kebakaran di Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara pada Jumat malam (3/3/2023) belum dapat dipastikan.

"Saat ini saya belum bisa menjelaskan karena tim sedang bekerja," ujar Listyo, usai melakukan peninjauan Depo Pertamina Plumpang, Sabtu (4/3/2023), dikutip dari Kompas.com.

Tim gabungan dari Polda Metro Jaya dan Bareskrim Polri dibantu oleh Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) dan Pusat Indonesia Automatic Fingerprint Identification System (Pusinafis) sebelumnya telah melakukan olah TKP awal dan memeriksa sejumlah pihak.

Mereka yang diperiksa mulai dari pegawai operasional dan manajemen Depo Pertamina Plumpang hingga masyarakat sebagai saksi. Tim gabungan juga mengumpulkan rekaman CCTV yang ada di sekitar lokasi untuk mengetahui penyebab kebakaran.

Baca Juga: Data BPBD DKI: Korban Meninggal Kebakaran Depo Pertamina Plumpang 17 Jiwa, 1.085 Warga Mengungsi

Selanjutnya, tim gabungan akan mendengar keterangan dari saksi ahli untuk menyimpulkan penyebab kebakaran yang menelan belasan korban jiwa.

Menurut Listyo, semua informasi dan data yang terkumpul akan menjadi satu kesimpulan terkait dengan penyebab kebakaran yang terjadi di Depo Pertamina Plumpang.

"Sehingga itu semua akan menjadi satu kesimpulan terkait dengan penyebab terjadinya kebakaran," tuturnya Listyo.

Diberitakan, terjadi kebakaran di gedung Depo Pertamina Plumpang yang terletak di Jalan Tanah Merah Bawah, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara, Jumat (3/3) malam.

Baca Juga: Wapres Ma’aruf Amin Usul Depo Pertamina Plumpang Dipindah

Penulis : Danang Suryo Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas.com


TERBARU