Kompas TV nasional peristiwa

Wapres Ma aruf Amin Usul Depo Pertamina Plumpang Dipindah

Kompas.tv - 4 Maret 2023, 21:12 WIB
wapres-ma-aruf-amin-usul-depo-pertamina-plumpang-dipindah
Wakil Presiden Maruf Amin dan Menteri BUMN Erick Thohir saat mengunjungi daerah terdampak kebakaran depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, Sabtu (4/3/2023). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Presiden Maruf Amin mengusulkan depo Pertamina Plumpang dipindah menjauhi permukiman penduduk. Usulan itu muncul ketika Ma’aruf Amin bersama dengan Menteri BUMN Erik Thohir meninjau lokasi tempat kejadian kebakaran depo yang berdampak ke permukiman warga.

“Saya berharap supaya depo ini supaya lebih aman itu bisa direlokasi di pelabuhan di daerah Pelindo,” ujarnya, Sabtu (4/3/2023).

Ma’ruf Amin juga ingin kawasan ini ditata ulang supaya lebih aman dan teratur, serta memenuhi persyaratan sebagai suatu daerah yang berada di wilayah ibu kota.

Baca Juga: Dirut PT Pertamina, Nicke Widyawati Sampaikan Permohonan Maaf dan Belangsungkawa

Ia juga tidak mempersoalkan jika kejadian ini dievaluasi. Tak terkecuali depo di daerah-daerah lain yang berpotensi menimbulkan dampak yang sama.

Sementara, Erick Thohir menilai sudah sejak lama menekankan untuk mengevaluasi objek vital pemerintah yang berada di lingkungan masyarakat.

“Saya rasa tidak hanya kilang tetapi juga pupuk seperti yang saya tinjau di Sumsel itu pun buffer antara titik keamanan dan masyarakat masih terlalu dekat,” ucapnya.

Oleh karena itu, diperlukan zonasi ulang tata ruang, tidak hanya di Pertamina, tetapi juga PLN dan pupuk.

“Tadi Pak Wapres sudah mengarahkan, nanti untuk kawasan ini bersama Pelindo dan Pertamina untuk mencari solusi,” tuturnya.

Baca Juga: Erick Thohir: Titik Antara Objek Vital dan Permukiman Warga Harus Berjarak!

Seperti yang diberitakan, kebakaran hebat di Depo Pertamina Plumpang Jalan Tanah Merah Bawah Kelurahan Rawa Badak Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara, terjadi pada Jumat (3/3/2023) malam. Api pertama kali dilaporkan muncul pada Pukul 20.11 WIB, berasal dari ledakan pipa bahan bakar minyak (BBM) di area depo.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x