> >

PKS Usung Anies sebagai Bakal Capres, Demokrat: Agenda Selanjutnya Deklarasi Koalisi Perubahan

Rumah pemilu | 24 Februari 2023, 17:27 WIB
Kepala Badan Komunikasi Strategi DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra di Menara Kompas, Jumat (24/6/2022). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS TV - Juru bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra megimbau kepada Nasdem dan PKS agar segera mendeklarasikan Koalisi Perubahan. 

Salah satu alasannya, karena kini ketiga partai politik (parpol) sudah sepakat untuk mengusung Anies Baswedan sebagai bakal capres. 

"Kalau bagi kami, Partai Demokrat, tahapan selanjutnya adalah deklarasi Koalisi Perubahan secara bersama-sama oleh ketiga parpol," kata Herzaky kepada wartawan, Jumat (24/2/2023). 

Baca Juga: Resmi! PKS Deklarasi Anies Baswedan Bakal Capres 2024

Ia menjelaskan, deklarasi Koalisi Perubahan tentunya ini didahului oleh penandatanganan kesepahaman oleh ketiga ketua umum parpol anggota Koalisi Perubahan, mengenai komitmen bersama memperjuangkan perubahan dan perbaikan. 

"Untuk deklarasi bersama tiga parpol Koalisi Perubahan, Demokrat sudah siap. Tinggal menunggu kesepakatan bersama ketiga parpol mengenai timing yang tepat."

 

"Inilah kekuatan Koalisi Perubahan. Tiga parpol berada dalam posisi setara. Saling menghormati. Lalu, setiap keputusan diambil berdasarkan konsensus bersama," katanya. 

Ia menambahkan, untuk deklarasi dari Demokrat kepada Anies Baswedan, sudah tuntas dengan pernyataan Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyino (AHY) di akhir Januari lalu.  

"Begitu pula dengan mekanisme internal Demokrat dalam menentukan koalisi dan capres. Sudah selesai. palagi terkait urusan bacawapres, sudah final."

Penulis : Fadel Prayoga Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU