> >

Awas, BMKG Peringatkan Gelombang Sangat Tinggi hingga 6 Meter di Perairan Barat Aceh

Update | 6 Desember 2022, 10:09 WIB
Ilustrasi gelombang tinggi. (Sumber: KOMPAS.com/ROSYID ASZHAR)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan arus gelombang tinggi yang berpotensi mencapai ketinggian 6 meter, Selasa (6/12/2022).

Peringatan ini efektif berlaku pada Selasa, 6 Desember 2022 pukul 07.00 WIB hingga Rabu, 7 Desember 2022 pukul 07.00 WIB.

BMKG mengeluarkan peringatan dalam 3 tingkatan yakni gelombang sangat tinggi (4-6 meter), gelombang tinggi (2,5-4 meter), dan gelombang sedang (1,25-2,50 meter).

Baca Juga: Peringatan Dini BMKG Hari Ini: Waspada, 27 Wilayah Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem

"Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Barat Laut – Timur Laut dengan kecepatan angin berkisar 5 - 30 knot," kata BMKG dalam rilisnya, Selasa.

Sementara untuk wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Tenggara - Barat Daya dengan kecepatan angin berkisar 5 - 20 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Selat Malaka, Perairan utara Sabang, Perairan barat Aceh, Samudra Hindia barat Aceh hingga Kep. Nias.

Baca Juga: BMKG Hari Ini: Prakiraan Cuaca Jakarta 6 Desember, Jaksel dan Jaktim Berpotensi Hujan Petir

BMKG mengimbau agar masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi untuk selalu waspada.

Terutama kepada masyarakat yang menggunakan jasa kelautan diimbau untuk memperhatikan risiko terhadap keselamatan pelayaran.

Penulis : Danang Suryo Editor : Desy-Afrianti

Sumber : BMKG


TERBARU