Kompas TV nasional peristiwa

Peringatan Dini BMKG Hari Ini: Waspada, 27 Wilayah Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem

Kompas.tv - 6 Desember 2022, 05:49 WIB
peringatan-dini-bmkg-hari-ini-waspada-27-wilayah-berpotensi-alami-cuaca-ekstrem
BMKG memprakirakan cuaca ekstrem akan melanda 27 provinsi Indonesia pada Selasa (6/12/2022) (Sumber: Tribunnews/Irwan Rismawan)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini untuk beberapa wilayah di Indonesia yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem hari ini, Selasa (6/12/2022).

Mengutip dari bmkg.go.id, cuaca ekstrem diprediksi akan terjadi di 27 wilayah berupa hujan disertai kilat dan angin kencang.

Hal ini disebabkan oleh bibit siklon tropis 96B/Daerah Tekanan Rendah (LPA) terpantau di perairan barat laut Aceh yang menginduksi terbentuknya peningkatan kecepatan angin permukaan (Low Level Jet).

Sirkulasi siklonik terpantau di perairan timur Lampung - Banten, di Kalimantan Utara dan di perairan utara Papua yang membentuk daerah konvergensi memanjang di Sumatera Barat, dari Bengkulu hingga Lampung.

Adapula di Sumatera Selatan bagian utara, di Selat Karimata, di pesisir selatan Jawa Barat - Jawa Tengah, di Kalimantan Tengah dan dari Kalimantan Selatan hingga Laut Jawa bagian timur dan di perairan utara Papua Barat.

Daerah konvergensi lain terpantau memanjang di Kalimantan Timur, dari Sulawesi Barat hingga Laut Maluku, dari Sulawesi Utara hingga Maluku Utara, di Maluku, di NTT, dari Maluku Utara hingga perairan utara Papua Barat, di Papua Barat dan di Papua.

Serta daerah pertemuan angin (konfluensi) di perairan sebelah selatan Jawa Timur - NTB dan di Selat Makassar.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah bibit siklon tropis/daerah tekanan rendah dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Berikut wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang:

1. Aceh
2. Sumatera Utara
3. Sumatera Barat
4. Riau
5. Bengkulu
6. Jambi
7. Sumatera Selatan
8. Lampung
9. Banten
10. Jawa Barat
11. DKI Jakarta
12. Jawa Tengah
13. Yogyakarta
14. Jawa Timur
15. Kalimantan Barat
16. Kalimantan Tengah
17. Kalimantan Utara
18. Kalimantan Timur
19. Kalimantan Selatan
20. Sulawesi Utara
21. Gorontalo
22. Sulawesi Tengah
23. Sulawesi Barat
24. Sulawesi Tenggara
25. Maluku Utara
26. Maluku
27. Papua



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x