> >

Jokowi Minta KPU Perhatikan 4 Hal untuk Bangun Inovasi Pemilu 2024 yang Berkualitas

Rumah pemilu | 2 Desember 2022, 11:09 WIB
Presiden Joko Widodo meminta jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk memperhatikan 4 hal dalam membangun inovasi agar pemilu 2024 lebih berkualitas dibanding pemilu sebelumnya. (Sumber: Tangkapan layar YouTube Kompas TV/Ninuk)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk memperhatikan 4 hal dalam membangun inovasi agar pemilu 2024 lebih berkualitas dibanding pemilu sebelumnya.

Menurut Presiden Jokowi, ini penting untuk melegitimasi pelaksaan Pemilu 2024 mendapatkan dukungan yang luas dari masyarakat.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi dalam Rapat Konsolidasi Nasional dalam Rangka Kesiapan Pelaksanaan Tahapan Pemilu Serentak Tahun 2024, yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di Beach City Entertainment Center Ancol, Jakarta, Jumat (2/12/2022).

“Yang pertama, pastikan seluruh kegiatan di semua tahapan memiliki pengaturan teknisnya, ini penting, setiap tahapan harus memiliki koridor hukum yang jelas,” ucap Jokowi, dikutip dari tayangan Breaking News Kompas TV

“Hal ini penting untuk mengantisipasi dan juga mengatasi berbagai persoalan persoalan yang akan muncul.”

Baca Juga: Jerit Hati Orangtua saat Richard Eliezer Pakai Baju Tahanan: Hancur Hati Saya, Ini Mengguncang

Yang kedua, Jokowi menilai perlu mengingatkan KPU bahwa hal-hal teknis bisa menjadi politis. 

Sehingga harus hati-hati, untuk itu pastikan kesiapan sarana dan prasarana logistik secara detail.

“Rencanakan dan melakukan pengadaan tepat jumlahnya dan tepat waktu. Kondisi ini perlu kita siapkan, jangan sampai ketidaksiapan nantinya keributan-keributan di lapangan,” ujarnya.

“Hal kecil-kecil ini kalau kita tidak detil mengikuti menyelesaikan bisa menjadi persoalan di lapangan, jadi keributan keributan di lapangan. Selain itu juga penting ini lakukan efisiensi dan transparansi sehingga semuanya terbuka.”

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU