> >

Jokowi Ajak Negara Anggota G20 Berkolaborasi Nyata untuk Bangun Ekonomi Hijau yang Inklusif

Peristiwa | 16 November 2022, 14:13 WIB
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau Jokowi mengajak anggota negara-negara G20 untuk berkolaborasi dalam aksi nyata pembangunan ekonomi hijau yang inklusif. (Sumber: Tangkapan Layar YouTube Setpres)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau Jokowi mengajak anggota negara-negara G20 untuk berkolaborasi dalam aksi nyata pembangunan ekonomi hijau yang inklusif.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi seusai meninjau Taman Hutan Raya Ngurah Rai, Bali, bersama para pemimpin negara G20, Rabu (16/11/2022).

“Tadi saya sampaikan, Indonesia mengajak anggota negara-negara G20 untuk berkolaborasi bekerja sama dalam sebuah aksi nyata untuk pembangunan ekonomi hijau yang inklusif,” ucap Jokowi dikutip secara daring oleh KOMPAS.TV.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengatakan Indonesia adalah pemilik hutan mangrove terluas di dunia dengan luas 3,3 juta hektar.

Meski demikian, Jokowi menekankan, Indonesia akan tetap tetap ingin berkontribusi kepada perubahan iklim.

Baca Juga: Para Pemimpin G20 Kaget Lihat Tahura Bali, Jokowi: Ini Success Story

“Sebagai negara pemilik hutan mangrove yang terluas di dunia yaitu 3,3 juta hektar hutan mangrove, Indonesia ingin berkontribusi kepada perubahan iklim, terhadap perubahan iklim,” ujar Jokowi.

“Dan di Tahura Ngurah Rai ini, adalah sebagai sebuah contoh success story, bagaimana 1.300 hektar hutan mangrove itu di tanam, diperbaiki di pelihara.”

Menurut Jokowi, Taman Hutan Raya (Tahura) di Ngurah Rai sebelumnya adalah area tambak ikan yang terabrasi.

Kini, ada 33 spesies pohon mangrove dan 300 fauna yang hidup di Taman Hutan Raya (Tahura) di Ngurah Rai.

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU