> >

KSAL soal Investigasi Jatuhnya Pesawat Latih Bonanza: Jangan Direkayasa

Peristiwa | 27 September 2022, 18:17 WIB
Kepala Staf TNI AL (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengikuti musyawarah nasional (Munas) II Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo), Jumat (8/10/2021). (Sumber: KOMPAS TV/Dinas Penerangan TNI AL)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono menegaskan tidak ingin ada rekayasa pada hasil investigasi peristiwa jatuhnya pesawat jenis G-36 Bonanza T-2503.

Pasalnya, kata dia, hasil investigasi peristiwa kecelakaan pesawat latih tersebut akan menjadi bahan evaluasi bagi pihaknya, agar kejadian yang sama tidak terulang.

Pernyataan ini disampaikan Yudo di Markas Komando Armada I (Koarmada I), Jakarta, Selasa (27/9/2022).

"Saya tidak mau hasilnya juga direkayasa. Ini kan untuk evaluasi supaya ke depan tidak terjadi lagi,” kata Yudo, Selasa, seperti dikutip dari Kompas.com

Yudo mengaku belum mendapat laporan terkait hasil investigasi terhadap peristiwa kecelakaan pesawat tersebut.

Investigasi terhadap peristiwa itu, kata dia, sampai saat ini masih terus berjalan.

Menurut penjelasannya, proses investigasi tengah dilakukan oleh Inspektorat Jenderal TNI Angkatan Laut (Irjenal) dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Disinggung terkait kapan investigasi akan selesai, Yudo mengatakan tidak ada target khusus.

Baca Juga: Kepala Staf TNI AL Hentikan Operasional Pesawat G-36 Bonanza

Meski demikian, dia menekankan bahwa nantinya hasil investigasi akan dilaporkan kepada Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa hingga Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

Penulis : Isnaya Helmi Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas.com


TERBARU