> >

Wagub Jabar Sebut Poligami Jadi Solusi Cegah HIV/AIDS, Dasco: Jangan Buat Pernyataan Kontroversial

Sosial | 31 Agustus 2022, 20:20 WIB
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menanggapi pernyataan Wakil Gubernur Jawa Barat (Wagub Jabar) Uu Ruzhanul Ulum terkait pencegahan HIV/AIDS melalui poligami. (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menanggapi pernyataan Wakil Gubernur Jawa Barat (Wagub Jabar) Uu Ruzhanul Ulum yang menyebut poligami sebagai solusi pencegahan HIV/AIDS.

Dasco menyebut, pernyataan Uu yang disampaikan pada Selasa, 30 Agustus 2022 tersebut bisa saja menjadi jalan keluar bagi komunitas tertentu untuk menghindari penularan HIV/AIDS.

Namun, lanjut dia, masyarakat lain juga bisa memiliki pandangan lain terkait pencegahan HIV/AIDS tersebut.

”Menurut saya, apa yang disampaikan itu mungkin bagi komunitas tertentu itu jalan keluar,” kata Dasco kepada awak media di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (30/8/2022), dikutip dari keterangan tertulis DPR.

Baca Juga: Kontroversi Wagub Jabar Usul Poligami Solusi Tekan HIV/AIDS, Panen Kritik dari RK, MUI hingga PB IDI

“Tetapi sebagian besar daripada rakyat kita kan mungkin berpandangan lain,” imbuhnya.

Politisi Partai Gerindra itu menekankan, ia tak sepakat bahwa poligami menjadi solusi masalah penyebaran HIV/AIDS.

“Yang pasti tidak memutuskan menyetujui poligami sebagai pemecahan (masalah) HIV/AIDS,” tegas Pimpinan DPR RI Koordinator Bidang Ekonomi dan Keuangan (Korekku) itu.

Menurut Dasco, solusi untuk mencegah penularan HIV/AIDS dapat dilakukan dengan memperkuat keyakinan masing-masing, serta tidak melakukan hal-hal yang dilarang agama.

“Bahwa justru seharusnya soal kepercayaan terhadap agama itu yang diperkuat, sehingga ya solusinya yang dilarang agama kan tidak boleh dilakukan.”

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV


TERBARU