> >

Anies Sebut Banyak Orang Luar Beli Hewan Kurban di Jakarta, Ini Sebabnya

Peristiwa | 10 Juli 2022, 11:40 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan serahkan hewan kurban berupa sapi seberat 1,2 ton di Jakarta Internationak Stadium (JIS), Minggu (10/7/22). (Sumber: Wartakota/Muhammad Rifqi)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut banyak orang dari luar Jakarta yang membeli hewan kurban di Jakarta pada perayaan Iduladha tahun ini. 

Menurut dia, hal ini menarik, sebab ada kepercayaan yang timbul dari masyarakat pada sistem pemantauan hewan ternak di Jakarta. 

"Menarik ya, dengan sistem pemantauan yang rapi dan tertib menimbulkan kepercayaan dan karena itulah membuat banyak orang dari luar Jakarta memilih mengambil hewan kurban dari Jakarta," kata Anies kepada awak media, usai melaksanakan salat Iduladha di Jakarta International Stadium (JIS), Minggu (10/7/22). 

Baca Juga: Anies Unggah Foto usai Salat Iduladha di JIS: Alhamdulillah, Lancar dan Rapi

Anies mengatakan, alasan banyak warga yang membeli hewan ternak di Jakarta karena sistem pemeriksaan hewan ternak yang rapi dan tertib.

Terlebih saat ini penyakit mulut dan kuku (PMK) tengah marak menyerang hewan ternak di banyak tempat.

"Kami berharap bisa jadi rujukan untuk semua karena kami berharap agar Iduladha sistem pemantauan yang disiapkan sejak awal menghasilkan kepercayaan," kata Anies. 

Terkait penyebaran PMK pada hewan ternak, Anies mengatakan terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk memantau setiap perkembangan.

"Rapat koordinasi terus dilakukan jadi Insyaallah kondisi terpantau dan kami koordinatif," kata dia. 

Baca Juga: Jumlah Kebutuhan Hewan Ternak Kurban di Jakarta Capai 58 Ribu

Penulis : Hasya Nindita Editor : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU