> >

Momen Jokowi Ajak Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier Tanam Pohon Cendana di Istana Bogor

Peristiwa | 16 Juni 2022, 12:32 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Federasi Jerman Frank-Walter Steinmeier melakukan penanaman pohon Cendana di halaman belakang Istana Kepresidenan Bogor pada Kamis (16/6/2022). (Sumber: ANTARA/Desca Lidya Natalia)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan Presiden Republik Federal Jerman Frank-Walter Steinmeier di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (16/6/2022).

Dipantau dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, sejumlah rangkaian penyambutan kenegaraan pun dilakukan.

Mulai dari saat memasuki Istana Kepresidenan Bogor dengan iringan pasukan Nusantara, pasukan berkuda, dan korps musik Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres), upacara penyambutan resmi, memperkenalkan delegasi dari masing-masing negara yang turut hadir, foto bersama, hingga penandatanganan buku tamu.

Dalam kunjungan tersebut Presiden juga turut mengajak Stenmeier menanam pohon cendana bersama di halaman belakang Istana Kepresidenan Bogor.

Penanaman pohon tersebut menjadi salah satu kegiatan rutin Jokowi saat menerima kunjungan kenegaraan kepala pemerintahan atau kepala negara dari negara-negara sahabat.

Selepas penanaman pohon, kedua pemimpin kemudian menuju veranda belakang Istana untuk berbincang sejenak sebelum menggelar pertemuan bilateral.

Baca Juga: Di Indonesia, Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier Lakukan Tabur Bunga di Makam BJ Habibie

Usai pertemuan bilateral, kedua pemimpin diagendakan akan melakukan pernyataan pers bersama di Ruang Teratai.

Rangkaian kunjungan resmi tersebut diakhiri dengan jamuan santap siang kenegaraan oleh Jokowi di Ruang Garuda.

Sebagai informasi, kunjungan Steinmeier ke Indonesia kali ini adalah dalam rangka peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Jerman.

Penulis : Isnaya Helmi Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU