> >

Ini Daftar Nama Menteri dan Wamen yang Dicopot Jokowi dalam Reshuffle Kabinet Terbaru

Peristiwa | 15 Juni 2022, 14:53 WIB
Presiden Jokowi melantik sejumlah menteri dan wamen Kabinet Indonesia Baru dalam reshuffle kabinet jilid VIII, Rabu (15/6/2022). (Sumber: KOMPAS TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Jokowi resmi mencopot sejumlah menteri dan wakil menteri (wamen) Kabinet Indonesia Baru dalam reshuffle kabinet jilid VIII.

Pencopotan tersebut seiring dengan pelantikan nama-nama menteri dan wamen baru yang diselengarakan di Istana Negara, Jakarta Pusat, hari ini, Rabu (15/6/2022).

Sejumlah menteri yang dicopot yaitu pertama Menteri Perdagangan (Mendag), M. Luthfi digantikan oleh Zulkifli Hasan.

Kemudian Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN, Sofyan Djalil, yang digantikan oleh eks Panglima TNI Hadi Tjahjanto.

Dari jajaran wamen, ada Wamen ATR/Wakil Kepala BPN, Surya Tjandra dicopot dan digantikan oleh rekan separtainya, Raja Juli Antoni.

Lalu, Wamen PUPR John Wempi Wetipo digeser posisinya menjadi Wamendagri.

Baca juga: Dikabarkan Jadi Wamen ATR, Raja Juli Antoni: Saya PSI, Orang Muhammadiyah

Adapun keputusan pengangkatan menteri dan wamen baru dalam pelantikan dibacakan dalam Keppres Nomor 64B/2022 tentang pengangkatan menteri negara periode 2019-2024.

"Mengangkat kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Masing-masing satu Zulkifli Hasan sebagai Mendag. Kedua, Saudara Hadi Tjahjanto sebagai Menteri ATR/Kepala BPN," bunyi petikan Keppres pengangkatan menteri yang dibacakan Deputi Bid Adminstrasi Aparatur Kemensetneg Nanik Purwanti. 

Ia kemudian membacakan Keppres Nomor 24/M/2022 tentang Pengangkatan Wamen.

Penulis : Baitur Rohman Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU