> >

Sambut Hari Raya Waisak, Kementerian PUPR Siapkan Hunian Pariwisata di Sekitar Candi Borobudur

Wisata | 15 Mei 2022, 16:15 WIB
Salah satu Sarhunta yang disiapkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di sekitar Candi Borobudur untuk menyambut Hari Raya Wisak, Senin (16/5/2022). (Sumber: Kementerian PUPR)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyiapkan Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta) Borobudur untuk menyambut Hari Raya Wisak, Senin (16/5/2022) besok.

Tujuan penyediaan Sarhunta Borobudur tersebut adalah untuk memfasilitasi umat Buddha dan wisatawan yang hendak berkunjung ke Candi Borobudur saat perayaan Waisak.

Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, kehadiran Sarhunta Borobudur juga untuk menghidupkan kembali industri pariwisita di kawasan candi Buddha terbesar di dunia itu.

"Dalam tatanan normal baru untuk hidup berdamai dengan pandemi Covid-19, pemerintah meyakini bahwa sektor ekonomi utama yang dapat rebound dengan cepat adalah sektor pariwisata," kata Basuki dalam keterangannya, Minggu (15/5/2022).

Baca Juga: Sambut Waisak, Ratusan Biksu dan Umat Buddha Sakralkan Api Abadi di Jateng

Basuki menambahkan, Sarhunta Borobudur itu juga termasuk dalam rangkaian kegiatan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) oleh Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR.

Melalui program tersebut, pemerintah berharap, terciptanya rumah yang lebih layak huni sehingga dapat dimanfaatkan untuk mendorong perekonomian lokal.

Contohnya, dengan memanfaatkan rumah sebagai homestay bagi para wisatawan yang berkunjung ke objek wisata di sekitarnya.

Adapun salah satu penerima bantuan tersebut yakni Suripto mengaku bahwa program Sarhunta Borobudur sudah membantu bangkitnya perekonomian masyarakat setempat.

Baca Juga: Libur Hari Raya Waisak, Jalur Wisata Puncak Padat: Pagi Ini Polisi Terapkan Ganjil-Genap

Penulis : Aryo Sumbogo Editor : Deni-Muliya

Sumber : Kompas.com


TERBARU