Kompas TV nasional peristiwa

Libur Hari Raya Waisak, Jalur Wisata Puncak Padat: Pagi Ini Polisi Terapkan Ganjil-Genap

Kompas.tv - 15 Mei 2022, 08:22 WIB
libur-hari-raya-waisak-jalur-wisata-puncak-padat-pagi-ini-polisi-terapkan-ganjil-genap
Foto ilustrasi. Kepadatan arus lalu lintas di Simpang Gadog, Bogor, Jawa Barat. (Sumber: KOMPAS.TV/Ant/Abdu Faisal)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Gading Persada

BOGOR, KOMPAS.TV — Volume kendaraan dari arah Jakarta menuju kawasan wisata Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat terpantau padat pada Minggu (15/5/2022) pagi. Polisi masih menerapkan ganjil-genap untuk mengurai kepadatan.

Diketahui, kepadatan salah satunya disebabkan oleh libur panjang Hari Raya Waisak yang jatuh sejak Sabtu (14/5) hingga Senin (16/5).

Berdasarkan pantauan Jurnalis Kompas TV Ni Putu Trisnanda volume kendaraan tidak hanya terjadi di exit Gerbang Tol Ciawi, melainkan kendaraan terpantau mengular sampai 3 Kilometer menuju arah Simpang Gadog, Kabupaten Bogor.

Ni Putu menyebut, kepadatan menuju arah Puncak didominasi kendaraan pribadi yang tak sedikit diantaranya merupakan rombongan keluarga.

Menurut pantauan, pada pukul 07.25 WIB kendaraan pribadi yang memadati jalanan menuju Puncak berasal dari Jakarta.

Terlihat, dari 10 kendaraan sebanyak 9 diantaranya merupakan kendaraan berpelat nomor B asal Jakarta.

Baca Juga: Sambut Libur Panjang Hari Raya Waisak, Jalur Wisata Puncak Bogor Padat Kendaraan!

Meskipun terpantau padat, telah dikonfirmasi kepada petugas yang berjaga di pos kepolisian, pihaknya masih belum berencana menerapkan rekayasa lalu lintas sistem satu arah atau one way.

Hal itu dipilih, menurut pihak kepolisian karena kendaraan yang turun dari arah Puncak menuju Jakarta masih cukup padat.

Oleh sebab itu, pihaknya masih memilih opsi ganjil-genap sebagai cara mengurai kepadatan di jalur utama.

Adapun one way baru akan dilakukan, apabila pada beberapa waktu ke depan, kendaraan dari Puncak ke Jakarta sudah melandai.

Sementara itu, sebagai langkah mengurai kepadatan selain ganjil-genap, pihaknya telah menyiagakan personel kepolisian di sejumlah jalur alternatif.

Langkah itu dipih agar masyarakat tidak ragu untuk mengambil jalur alternatif sehingga bisa mengurai kepadatan dan volume kendaraan.

Dari pantauan lapangan diketahui pula, kepadatan dipicu oleh sejumlah lokasi mulai dari pasar dan titik buttleneck lantaran ada sejumlah lokasi yang memicu atau penyempitan lajur.

Oleh karena itu, jika ada volume kendaraan yang cukup besar masuk ke area tersebut maka akan mengakibatkan antrean kendaraan yang cukup panjang.

Sementara itu, pada Sabtu (14/5) kemarin polisi sudah melakukan one way dan meniadakan ganjil-genap di jalur arah Puncak. Langkah itu diambil karena volume kendaraan telah mengakibatkan antrean yang cukup panjang.

Baca Juga: Efek Long Weekend Libur Waisak, Tol Japek Arah Karawang dan Jagorawi Arah Puncak Macet!



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.