> >

Demokrat Tanggapi Koalisi Golkar, PAN dan PPP, Tertarik Gabung?

Politik | 13 Mei 2022, 13:49 WIB
Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani (Sumber: Dokumen pribadi)

JAKARTA, KOMPAS TV - Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani mengatakan, pihaknya belum tertarik untuk bergabung ke dalam koalisi Partai Golkar, PAN, dan PPP. Diketahui, gabungan partai politik (parpol) itu dinamakan Koalisi Indonesia Bersatu. 

Ia menyebut, pihaknya kini masih merajut komuikasi dengan seluruh parpol yang ada di Indonesia dalam menyongsong agenda Pilpres 2024 mendatang.

Baca Juga: Resmi Terbentuk, Ini Nama Koalisi Golkar, PAN, dan PPP

"Tentu mesti ada penjajakan dan pembicaraan lebih lanjut untuk sampai pada keputusan ikut bergabung atau membentuk poros baru, dengan tetap pada pandangan menghindari hanya terbentuknya dua poros agar tak melanggengkan pembelahan di masyarakat," kata Kamhar kepada Kompas TV, Jumat (13/5/2022). 

Meski begitu, ia tetap menghormati terbentuknya Koalisi Indonesia Indonesia Bersatu tersebut. 

"Kami menghargai dan menghormati kesepahaman yang terbangun antara Partai Golkar, PPP dan PAN. Ketiga partai ini juga punya pengalaman pernah tergabung pada koalisi yang sama dengan Partai Demokrat pada dua periode Pemerintahan Pak SBY yang menempatkan kader-kadernya pada Kabinet Indonesia Bersatu jilid I dan jilid II," ujarnya. 

Ia menyebut, pihaknya memiliki kesamaan pandangan dan komitmen untuk menghindari pembelahan pada 2024 nanti agar tak hanya terbentuk dua poros yang bisa kembali memicu dan melanggengkan pembelahan di masyarakat seperti pengalaman pemilu sebelumnya. 

"Ini selalu ditegaskan Mas Ketum AHY pada berbagai kesempatan," kata dia.

Selain itu, dirinya juga berharap agar terjadi pendewasaan politik dengan tidak mengeksploitasi politik identitas secara berlebihan, dan menempatkan kontestasi politik sebagai kawan bertanding bukan sebagai musuh. 

"Cara pandang seperti ini yang mesti dipedomani agar Pemilu 2024 nanti bisa berjalan secara demokratis dalam suasana yang sejuk," ujarnya. 

Penulis : Fadel Prayoga Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU