> >

Jumlah Penumpang Pesawat Periode Mudik Lebaran hingga 6 Mei 2022 Sebanyak 2,1 Juta Orang

Update | 8 Mei 2022, 10:51 WIB
Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati. (Sumber: Kemenhub)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Jumlah penumpang pesawat pada periode Senin (25/4/2022) hingga Jumat (6/5/2022) sebanyak 2.184.458 penumpang.

Data tersebut diketahui berdasarkan data dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), yang disampaikan melalui keterangan tertulis, Sabtu (7/5/2022).

“Dengan pergerakan penumpang keberangkatan terpadat di lima Bandara yakni: Soekarno-Hatta, Sultan Hasanuddin (Makassar), Juanda (Surabaya), Ngurah Rai (Bali) dan Sepinggan (Balikpapan),” demikian tertulis dalam keterangan tersebut.

Dari data yang sama, disampaikan bahwa pergerakan penumpang angkutan penyeberangan masih yang tertinggi yaitu sebanyak 2.696.650 penumpang.

Dengan pergerakan penumpang keberangkatan terpadat di lima Pelabuhan Penyeberangan terpadat yakni: Merak, Bakauheni, Gilimanuk, Ketapang, dan Kariangau Balikpapan.

Selanjutnya, penumpang angkutan jalan (bus) sebanyak 1.888.898 orang, dengan pergerakan penumpang keberangkatan terpadat di lima terminal yakni: Kertonegoro Ngawi, Tirtonadi (Solo), Giwangan (Yogyakarta), Ir. Soekarno (Klaten), dan Purboyo (Madiun).

Baca Juga: Puncak Arus Balik di Pelabuhan Bakauheni Diprediksi Terjadi Malam Ini

Sementara, untuk angkutan kereta api sebanyak 1.492.389 penumpang, dengan pergerakan penumpang terpadat di lima Daerah Operasi (Daop), yakni Daop I Jakarta, Daop VIII Surabaya, Daop VI Yogyakarta, Daop II Bandung, dan Daop IV Semarang.

Angkutan Laut sebanyak 846.714 penumpang, dengan pergerakan penumpang keberangkatan terpadat di lima pelabuhan yakni Gilimanuk, Batam, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Pinang, dan Balikpapan.

“Hingga H+3 kemarin, total pergerakan penumpang angkutan umum pada angkutan lebaran tahun ini mencapai 9.109.109 penumpang,” kata  Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati, Sabtu (7/5).

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


TERBARU