> >

KSAL Yudo Margono Siap Kerahkan Kapal Perang TNI AL untuk Angkut Pemudik

Update | 29 April 2022, 11:09 WIB
Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono. (Sumber: Dispenal)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menyatakan siap mengerahkan kapal perang Republik Indonesia atau KRI dalam rangka mendukung mudik Lebaran 2022.

“KRI TNI AL siap (mengangkut pemudik) jika diperlukan untuk membantu PT Pelni apabila armada yang dimiliki tidak cukup untuk menampung lonjakan jumlah pemudik Lebaran 2022,” kata Yudo di Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), Jakarta, Kamis (28/4/2022).

Namun demikian, Yudo mengatakan bahwa sampai saat ini armada PT Pelni masih mampu mengatasi jumlah penumpang arus mudik Lebaran.

Adapun personel TNI AL, kata dia, sejauh ini hanya mendukung pengamanannya terhadap kapal-kapal PT Pelni yang mengangkut penumpang khususnya untuk mudik.

"TNI AL juga sudah mempersiapkan kapal LST maupun Landing Platform Dock (LPD) apabila sewaktu-waktu diminta,” ucap Yudo.

Baca juga: Hingga H-5 Lebaran, Jumlah Peningkatan Penumpang Tertinggi Ditempati Transportasi Udara

Selain meyiapkan dukungan kapal LPD, TNI AL juga mempersiapkan KRI maupun KAL guna melakukan patroli terhadap jalur laut yang dipergunakan selama arus mudik 2022.

Kemudian dukungan pengamanan juga diproyeksikan di pelabuhan-pelabuhan yang menjadi tempat para pemudik yang akan naik maupun turun kapal.

Sebelumnya, (Kamis (27/4), Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat bahwa terjadi tren peningkatan penumpang di semua moda transportasi.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, moda transportasi laut mengalami peningkatan sebanyak 182.855 penumpang.

Penulis : Baitur Rohman Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU