> >

HNW Harap Kemenag Perjuangkan Kuota Haji Indonesia Agar Lebih Banyak Jemaah yang Berangkat

Update | 23 Maret 2022, 17:10 WIB
Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (Sumber: mpr.go.id)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Ketua MPR-RI Hidayat Nur Wahid, berharap Kementerian Agama (Kemenag) memperjuangkan kuota haji Indonesia, agar lebih banyak jemaah yang bisa berangkat.

Harapan Hidayat yang juga  Anggota Komisi VII DPR-RI tersebut disampaikan melalui keterangan tertulis di laman resmi MPR RI, Rabu (23/3/2022).

“Alhamdulillah, kami  bersyukur mendengar kabar pembukaan haji tahun ini juga untuk jemaah haji dari Indonesia.”

“Penting Kemenag memperjuangkan agar Indonesia bisa mendapatkan kuota terbaik, sehingga akan lebih banyak calon Jemaah haji yang bisa berangkat pada tahun ini,” tegasnya.

Hal itu, lanjut Hidayat, mengingat daftar tunggu yang semakin panjang akibat dua musim haji jemaah calon haji dari Indonesia tidak diberangkatkan karena covid-19, kecuali WNI yang mukim di Arab Saudi.

“Selain itu kami pastikan bahwa Fraksi PKS dan komisi VIII di DPR akan terus mengawal persiapan haji serta mengoreksi usulan dari Kemenag soal biaya perjalanan ibadah haji agar tidak memberatkan calon jamaah haji,” urainya.

Baca Juga: Pemberangkatan Haji Tahun Ini Dipastikan Tak Perlu Tes PCR, tapi...

HNW sapaan akrab Hidayat Nur Wahid meminta agar Kementerian Agama mempersiapkan keberangkatan jamaah Indonesia dengan maksimal.  Mempersiapkan calon jemaah yang akan berangkat secara adil.

Menurut HNW, dalam pembahasan terakhir komisi VIII DPR dengan Badan Pengelola Keuangan Haji (21/03/2022), BPKH mengaku belum menerima rincian komponen biaya haji yang diusulkan oleh Menag.

Sehingga belum bisa ditentukan berapa biaya haji tahun 2022.

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU