> >

Beberapa Negara Masuk Transisi Endemi Covid-19, Bagaimana dengan RI? Ini Kata Luhut

Peristiwa | 15 Maret 2022, 06:52 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (Sumber: Tangkapan layar video kanal Youtube Sekretariat Presiden RI)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan beberapa negara telah melakukan transisi dari masa pandemi Covid-19 ke endemi.

Luhut mengatakan pertimbangan dari beberapa negara tersebut yakni, capaian vaksinasi lengkap dan booster yang sudah tinggi.

"Beberapa negara seperti Arab Saudi dan Malaysia mulai melakukan transisi dari pademi ke endemi. Perkembangan utamanya adalah tingkat vaksinasi lengkap dan booster yang sudah tinggi di kedua negara itu," kata Luhut dalam konferensi pers daring, Senin (14/3/2022).

Lalu bagaimana dengan Indonesia?

Seperti diketahui, Indonesia hingga kini belum menyatakan masuk fase transisi menuju endemi Covid-19.

Adapun alsannya, karena capaian vaksinasi lengkap dan booster di Indonesia masih tertinggal.

"Dibandingkan kedua negara, cakupan vaksinasi dosis lengkap dan booster kita (Indonesia) masih tertinggal," ujarnya.

Sebab itu, Koordinator PPKM Jawa Bali ini menegaskan pemerintah akan terus mengakselerasi vaksinasi lengkap dan booster di Jawa-Bali, terlebih menjelang bulan Ramdan dan Hari Raya Idul Fitri 2022.

Baca Juga: Hasil Seminggu Uji Coba Peniadaan Karantina di Bali, Luhut: Jumlah Wisatawan Meningkat Pesat

Menko Luhut menjelaskan bahwa vaksinasi perlu dikejar, agar nanti pada bulan Ramadan dan Lebaran tidak terjadi lonjakan jumlah rawat inap rumah sakit dan tingkat kematian.

Penulis : Isnaya Helmi Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU