> >

Minta Masyarakat Tak Hanya Waspadai Omicron, Satgas: Varian Delta dan Lainnya Masih Ada

Update corona | 18 Februari 2022, 16:15 WIB
Satgas meminta masyarakat untuk tidak hanya fokus pada Omicron karena varian lainnya masih tinggi penyebarannya di Indonesia (Sumber: Kompas TV/Ant)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Sub Bidang Dukungan Kesehatan Satgas COVID-19 Brigjen TNI (Pur) Alexander K. Ginting meminta masyarakat untuk tetap waspada apapun varian Covid-19 yang sedang melanda Indonesia.

Alexander melihat, saat ini masyarakat terlalu terpaku pada varian Omicron, padahal kasus Delta masih tinggi.

Dari data penyebaran varian SARS-CoV-2 per provinsi milik Satgas COVID-19, varian Delta masih mendominasi jika dibandingkan Omicron.

Salah satu daerah yang masih tinggi dengan penyebaran varian Delta adalah Jawa Barat.

Baca Juga: Bupati Kontak Erat Dengan Pegawai Positif Covid-19

“Persoalannya sekarang banyak masyarakat yang selalu dibicarakan mengenai Omicron. Padahal di Indonesia, dilaporkan bahwa kita masih ada juga varian-varian Alfa, Beta, ada Delta,” ujar Alexander, dikutip dari Antara, Jumat (18/2/2022).

Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk tidak perlu terlalu merisaukan varian Covid-19.

Sebab, bila seseorang terkonfirmasi positif, baik varian Delta ataupun Omicron, orang tersebut tetaplah terpapar Covid-19.

Saat diperiksa di rumah sakit maupun di laboratorium, masyarakat tidak seharusnya berpolemik dalam mengetahui jenis varian Covid-19 apa yang mengenai dirinya.

“Mau soal Delta, Alfa, Beta, Gamma atau segala macam, itu adalah kepentingan pekerja klinis, kepentingan para praktisi kesehatan dan kepentingan para pengambil kebijakan,” katanya.

Penulis : Dian Nita Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Antara


TERBARU