> >

Jusuf Kalla: 11 dari 15 Konflik Besar Indonesia Dipicu Ketidakadilan

Peristiwa | 16 Januari 2022, 12:06 WIB
Jusuf Kalla (JK) menyebut, 11 konflik besar di Indonesia akibat ketidakadilan (Sumber: Kompastv/Ant)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla (JK) mengatakan, dalam sejarah Indonesia, terjadi beberapa konflik besar.

JK menyebut, berdasarkan pengalaman, 11 dari 15 konflik besar di Indonesia dan menelan ribuan nyawa masyarakat itu dipicu oleh ketidakadilan.

Ketidakadilan itu, kata JK, meliputi ketidakadilan sosial, politik, dan ketidakadilain secara ekonomi.

Hal itu diungkapkan JK saat menjadi narasumber dalam diskusi Twitter Spaces Forum Ekonomi Politik Didik J Rachbini bertajuk "Cak Nur, Pancasila dan Indonesia yang Adil".

"Dari pengalaman kita berbangsa selama 77 tahun, kita memahami bahwa setidak-tidaknya ada 15 konflik besar melanda negeri ini yang menyebabkan munculnya korban seribu orang di atasnya. Dari 15 konflik itu, 11 karena ketidakadilan, yakni ketidakadilan sosial, politik, dan ekonomi," ujar Jusuf Kalla seperti dikutip KOMPAS TV dari Antara, Minggu (16/1/2022).

Dalam diskusi yang merupakan rangkaian Dies Natalis Ke-24 Universitas Paramadina pada Jumat lalu, JK juga menyebut contoh konflik besar yang ia kemukakan itu terkait dengan konflik Aceh. 

Baca Juga: Jusuf Kalla Soal Pilpres 2024 | Satu Meja The Forum (1)

Konflik Besar Aceh karena Ketidakadilan

Jusuf Kalla pun memberikan salah satu contoh dari 11 konflik besar akibat ketidakadilan itu, yakni konflik di Aceh.

Konflik di Aceh, kata dia, terjadi karena munculnya rasa ketidakadilan ekonomi di dalam diri masyarakat Aceh.

"Aceh sebagai salah satu wilayah dengan sumber daya alam yang berlimpah, namun kekayaan itu belum bisa memberikan kemakmuran ekonomi secara merata kepada masyarakatnya," paparnya.

Penulis : Dedik Priyanto Editor : Fadhilah

Sumber : Kompas TV


TERBARU