> >

Indeks Kebahagiaan Masyarakat Jambi Tertinggi di Indonesia, Jakarta dan Yogyakarta Menurun

Sosial | 9 Januari 2022, 12:41 WIB
Ilustrasi. Provinsi Jambi menduduki peringkat pertama provinsi dengan indeks kebahagiaan masyarakat tertinggi di Indonesia, yakni 4,72 poin. (Sumber: pixabay.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Provinsi Jambi menduduki peringkat pertama provinsi dengan indeks kebahagiaan masyarakat tertinggi di Indonesia, yakni 4,72 poin.

Hal itu diketahui berdasarkan data Badan Pusat Statistik atau BPS, yang merilis hasil survei Indeks Kebahagiaan masyarakat Indonesia pada tahun 2021.

Tiga provinsi dengan indeks kebahagiaan tertinggi di Indonesia adalah Jambi dengan 4,72 poin, Sulawesi Barat 3,44 poin dan Kalimantan Utara 3,00 poin.

Berdasarkan data yang dilansir di laman resmi BPS tersebut juga diketahui bahwa Indeks Kebahagiaan Indonesia meningkat 0,80 persen dibanding pada tahun 2017.

Baca Juga: Tingkat Kebahagiaan Masyarakat Bengkulu Tergolong Rendah

BPS menyusun Indeks Kebahagiaan dari 19 indikator pendukung yang diklasifikasikan dalam 3 dimensi, yakni dimensi kepuasan hidup, dimensi perasaan dan dimensi makna hidup.

Dari ketiga indikator tersebut, dimensi kepuasan hidup dibagi lagi menjadi  dua subdimensi, yaitu kepuasan hidup personal dan sosial.

Selanjutnya, subdimennsi kepuasan hidup personal terdiri dari lima indikator, yakni pendidikan dan keterampilan, pekerjaan/usaha/kegiatan utama, pendapatan rumah tangga, kesehatan dan kondisi rumah serta fasilitas rumah.

Sementara subdimensi kepuasan hidup sosisal terdiri dari 5 indikator, antara lain keharmonisan keluarga, ketersediaan waktu luang, hubungan sosial, keadaan lingkungan, dan kondisi keamanan.

Dimensi perasaan atau afeksi juga terbagi lagi menjadi beberapa subdimensi, di antaranya perasaan senang/riang/gembira, perasaan tidak khawatir/cemas dan perasaan tidak tertekan.

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Purwanto

Sumber : Kompas.com


TERBARU