> >

Saat Kakak Beradik Bertemu, Menag Yaqut dan Gus Yahya Bicara 2022 sebagai Tahun Toleransi

Agama | 8 Januari 2022, 10:17 WIB
Dua kakak beradik, Menag Yaqut dan Ketum PBNU Gus Yahya bicara pencanangan 2022 sebagai tahun toleransi (Sumber: Kemenag)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas bersilaturahmi ke Kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di Jalan Kramat Raya, Jakarta, Jumat sore, (7/1/2022).

Dia berjumpa dengan kakaknya yang merupakan Ketum PBNU Yahya Cholil Staquf atau biasa disapa Gus Yahya.

Pertemuan Menag Yaqut berlangsung hangat di ruang kerja Ketum PBNU. Di meja makan itu, kakak beradik putra dari ulama kharismatik NU, Almarhum KH Cholil Bisri, tampak bersenda gurau. 

Menag Yaqut dan Gus Yahya bicara banyak hal, termasuk janji Menag Yaqut untuk mencanangkan tahun 2022 sebagai tahun toleransi.

Kata Menag, kerukunan dan toleransi masyarakat Indonesia dikagumi berbagai negara.

“Alhamdulillah, saya barusan sowan ke Ketum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf. Kami berdiskusi dalam ikhtiar untuk bersinergi dalam merawat kerukunan dan meningkatkan kualitas kehidupan keagamaan di Indonesia,” terang Gus Yaqut, sapaan akrab Menag, di Jakarta, Jumat (7/1/2022).

Menag lantas mencontohkan Majelis Hukama Al-Muslimin, organisasi independen yang beranggotakan cendekiawan Muslim dari berbagai dunia dan berpusat di Abu Dhabi-Uni Emirat Arab yang memuji kiprah Indonesia.

Kata Menag Yaqut, muslim dunia ingin belajar tentang toleransi masyarakat Indonesia.

“Sudah saatnya toleransi Indonesia menjadi barometer masyarakat dunia. Narasi tentang toleransi di Indonesia perlu digaungkan agar dipahami masyarakat dunia,” sebut Menag Yaqut.

Baca Juga: Ketum PBNU Gus Yahya Beri Perintah Khusus ke Erick Tohir sebagai Kader Banser, ET: Siap, Insya Allah

Gaungkan Toleransi Indonesia

Penulis : Dedik Priyanto Editor : Fadhilah

Sumber : Kompas TV


TERBARU