> >

Kemenag Komentari Tren Boneka Arwah, Dinilai Menurunkan Kemuliaan Manusia

Agama | 6 Januari 2022, 11:09 WIB
Ilustrasi boneka arwah yang lagi tren. Kemenag pun buka suara terkait fenomena spirit doll ini (Sumber: Pexels/Walter Saravia)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Agama (Kemenag) lewat Sekretaris Ditjen Bimas Islam M. Fuad Nasar bersuara terhadap fenomena tren boneka arwah atau spirit doll yang ramai di masyarakat.

Ia menyatakan, kepercayaan terhadap boneka arwah layaknya mausia hal ini bertentangan dengan nilai tauhid dan menurunkan nilai kemanusiaan dan kemuliaan manusia. 

“Mempercayai adanya unsur kekuatan gaib pada benda bikinan manusia atau benda alam berarti menurunkan nilai kemuliaan manusia, karena bertentangan dengan nilai tauhid sebagai asas keimanan kepada Allah Yang Maha Esa,” kata Fuad Nasar, di Jakarta, Rabu, sebagaimana dikutip dari situs resmi Kemenag. (5/1/2021). 

Baca Juga: Hukum Mengasuh Boneka Arwah Bisa Jadi Haram, Makruh dan Mubah, Berikut Penjelasan Lengkapnya

Selain itu, kata Fuad, dalam tinjauan moderasi beragama, segala sesuatu yang merendahkan harkat, derajat, dan martabat kemanusian sebagai makhluk yang berakal harus dicegah.

“Manusia diciptakan sebagai makhluk paling tinggi dan paling mulia di antara seluruh ciptaan-Nya,” tegasnya.

Fuad lantas menjelaskan, spirit doll atau boneka arwah dan benda apapun tidak layak dipercayai membawa keberuntungan atau sebaliknya.

Meski begitu, kata dia, hobi mengoleksi boneka sebagai karya seni dan mainan boleh-boleh saja, tapi tidak boleh lebih dari itu.

Baca Juga: Rahasia di Balik Spirit Doll dan Kenapa Sekarang Begitu Digandrungi?

Lebih lanjut ia menilai, mempercayai adanya unsur gaib dalam spirit doll bisa mengarah pada perbuatan syirik.

Penulis : Dedik Priyanto Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


TERBARU